Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Standar Penilaian (Perangkat Evaluasi) Bahasa Inggris

Soal Pilihan Ganda USKA Bahasa Inggris PPG Daljab Kemenag 2024 - Topik "Standar Penilaian (Perangkat Evaluasi)"

Soal Pilihan Ganda USKA Bahasa Inggris PPG Daljab Kemenag 2024 - Topik "Standar Penilaian (Perangkat Evaluasi)"

Indikator Soal:

  • Menganalisis prinsip penilaian dari deskripsi teknik penilaian yang digunakan guru.
  • Menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran.
  • Menentukan teknik dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran.
  • Menentukan salah satu prinsip assessment (Assessment of Learning, Assessment for Learning, dan Assessment as Learning) dari deskripsi konsep penilaian.

Soal 1:

Seorang guru Bahasa Inggris di SMP menggunakan tes tertulis pilihan ganda untuk menilai pemahaman siswa tentang materi tenses. Tes tersebut terdiri dari 20 soal dengan bobot nilai yang sama.

Berdasarkan deskripsi di atas, prinsip penilaian apa yang digunakan guru?
A. Objektivitas 
B. Keberlanjutan 
C. Komprehensivitas 
D. Keterukuran
Kunci Jawaban:D. Keterukuran

Pembahasan:

Prinsip penilaian yang digunakan guru adalah keterukuran karena tes tertulis pilihan ganda memungkinkan pengukuran hasil belajar siswa secara objektif dan kuantitatif dengan skor yang jelas.

Soal 2:

Guru Bahasa Inggris SMA ingin membantu siswa belajar kosakata bahasa Inggris dengan cara yang menarik dan interaktif.

Metode pembelajaran apa yang paling sesuai untuk membantu siswa belajar kosakata bahasa Inggris dengan cara yang menarik dan interaktif?
A. Ceramah
B. Diskusi 
C. Permainan 
D. Eksperimen
Kunci Jawaban: C. Permainan

Pembahasan:

Permainan adalah metode pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk membantu siswa belajar kosakata bahasa Inggris. Permainan dapat membantu siswa mengingat kosakata dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Soal 3:

Guru Bahasa Inggris ingin membantu siswa kelas X SMA memahami teks bacaan dengan lebih baik.
Teknik dan strategi pembelajaran apa yang paling sesuai untuk membantu siswa kelas X SMA memahami teks bacaan dengan lebih baik?
A. Ceramah dan tanya jawab 
B. Diskusi kelompok dan presentasi 
C. Mind mapping dan graphic organizer 
D. Role playing dan simulasi
Kunci Jawaban: C. Mind mapping dan graphic organizer

Pembahasan:

Mind mapping dan graphic organizer adalah teknik dan strategi pembelajaran yang membantu siswa memahami teks bacaan dengan lebih baik dengan cara memvisualisasikan informasi dan hubungan antar konsep dalam teks.

Soal 4:

Penilaian autentik adalah suatu pendekatan penilaian yang menilai kinerja dan pemahaman siswa melalui tugas-tugas yang relevan dengan dunia nyata.

Manakah dari berikut ini yang merupakan salah satu prinsip assessment yang mendasari penilaian autentik?
A. Assessment of Learning 
B. Assessment for Learning 
C. Assessment as Learning 
D. Assessment for Assessment
Kunci Jawaban: C. Assessment as Learning

Pembahasan:

Assessment as Learning adalah salah satu prinsip assessment yang mendasari penilaian autentik. Assessment as Learning berfokus pada penggunaan proses penilaian untuk membantu siswa belajar dan meningkatkan pemahaman mereka.

Catatan:

Soal-soal di atas hanyalah contoh dan bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.