Asesmen Sumatif Akhir Tahun (SAT) Bahasa Arab Kelas 10 Jenjang SMA/MA Kurikulum Merdeka
Pengertian
Asesmen Sumatif Akhir Tahun (SAT) Bahasa Arab Kelas 10 Jenjang SMA/MA Kurikulum Merdeka adalah penilaian terakhir di akhir tahun pelajaran untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Arab. SAT dilaksanakan setelah pembelajaran selama satu tahun tuntas dan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah menguasai materi Bahasa Arab yang telah dipelajari.
Tujuan
SAT Bahasa Arab Kelas 10 Kurikulum Merdeka memiliki beberapa tujuan, yaitu:
- Mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Arab.
- Memberikan gambaran tentang tingkat penguasaan materi Bahasa Arab yang telah dipelajari peserta didik.
- Menjadi bahan evaluasi bagi guru untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam pembelajaran Bahasa Arab.
- Memberikan informasi kepada orang tua/wali tentang hasil belajar Bahasa Arab anaknya.
- Menjadi dasar untuk menentukan kenaikan kelas dan kelulusan.
Ruang Lingkup
SAT Bahasa Arab Kelas 10 Kurikulum Merdeka mencakup materi Bahasa Arab yang telah dipelajari selama satu tahun, yaitu:
- Komunikasi: Memahami dan menggunakan Bahasa Arab untuk berkomunikasi dalam berbagai situasi, seperti menyapa, berkenalan, bertukar informasi, dan mengungkapkan pendapat.
- Kefasihan: Menguasai pelafalan dan intonasi Bahasa Arab dengan baik dan benar.
- Kosakata: Memahami dan menggunakan kosakata Bahasa Arab yang sesuai dengan konteks pembicaraan.
- Tata Bahasa: Memahami dan menggunakan tata bahasa Bahasa Arab dengan baik dan benar.
- Membaca: Membaca dan memahami teks Bahasa Arab dengan berbagai tingkat kesulitan.
- Menulis: Menulis teks Bahasa Arab dengan berbagai bentuk, seperti surat, cerita, dan deskripsi.
Bentuk Penilaian
SAT Bahasa Arab Kelas 10 Kurikulum Merdeka dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk, yaitu:
- Tes tertulis: Tes tertulis dapat berupa pilihan ganda, uraian, dan terjemahan.
- Tes lisan: Tes lisan dapat berupa percakapan, presentasi, dan tanya jawab.
- Penilaian portofolio: Penilaian portofolio dapat berupa kumpulan hasil karya peserta didik, seperti jurnal Bahasa Arab, tugas-tugas, dan proyek.
Pelaksanaan
Asesmen SAT Bahasa Arab Kelas 10 Kurikulum Merdeka dilaksanakan oleh guru mata pelajaran Bahasa Arab dan diawasi oleh pengawas internal sekolah. Hasil SAT kemudian diolah dan dianalisis oleh guru untuk mendapatkan nilai akhir peserta didik.
PREVIEW
Download Soal dan Kunci Jawaban Sumatif Akhir Tahun (SAT)/Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Arab Kelas 10 Semester Genap Jenjang SMA/MA Kurikulum Merdeka
Keyword:
- Asesmen Sumatif Akhir Tahun (SAT)
- Bahasa Arab
- Kelas 10
- SMA/MA
- Kurikulum Merdeka
- Penilaian
- Kompetensi
- Materi
- Bentuk Penilaian
- Pelaksanaan