Memahami Lingkup Materi Baru Pada Jenjang SD/MI Kurikulum Merdeka
Kurikulum Merdeka, yang sebelumnya dikenal sebagai Kurikulum Prototipe, hadir sebagai angin segar dalam dunia pendidikan Indonesia. Berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar, kurikulum ini membawa perubahan signifikan dalam hal lingkup materi yang dipelajari di jenjang SD/MI.
Dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya, Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan yang lebih besar bagi sekolah dan guru dalam menyusun materi pembelajaran. Hal ini memungkinkan penyesuaian materi dengan kebutuhan dan konteks belajar peserta didik di masing-masing daerah.
Secara garis besar, lingkup materi Kurikulum Merdeka SD/MI mencakup:
1. Capaian Pembelajaran (CP)
CP merupakan deskripsi singkat mengenai kompetensi yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangannya. CP ini memuat pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diintegrasikan secara utuh.
2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
ATP merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mencapai CP. Guru memiliki keleluasaan dalam mengembangkan ATP sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kondisi pembelajaran di sekolahnya.
3. Modul Ajar
Modul Ajar menjadi panduan pembelajaran yang lebih lengkap dibandingkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada kurikulum sebelumnya. Modul Ajar memuat tujuan, langkah pembelajaran, media, asesmen, serta informasi dan referensi yang lebih komprehensif.
4. Pembelajaran Berbasis Proyek
Kurikulum Merdeka mendorong penerapan pembelajaran berbasis proyek (PBL) yang berfokus pada pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil Pelajar Pancasila. PBL memungkinkan peserta didik belajar secara aktif dan kreatif melalui kegiatan yang bermakna dan relevan dengan kehidupan nyata.
5. Fokus pada Materi Esensial
Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya penguasaan materi esensial, yaitu materi yang benar-benar mendasar dan wajib dikuasai peserta didik. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk belajar secaRa lebih mendalam dan fokus pada pengembangan kompetensi yang substansial.
6. Pengembangan Profil Pelajar Pancasila
Kurikulum Merdeka tidak hanya berfokus pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pada pembentukan karakter dan profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila meliputi enam dimensi: Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebhinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.
Perubahan lingkup materi dalam Kurikulum Merdeka diharapkan dapat membawa dampak positif bagi pembelajaran di jenjang SD/MI, yaitu:
- Meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam belajar
- Mengembangkan kompetensi dasar yang lebih mendalam
- Membentuk karakter dan profil Pelajar Pancasila
- Mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan masa depan
Daftar Kumpulan Lingkup Materi Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 Fase Pembelajaran A, B dan C Kurikulum Merdeka SD/MI
No Kelas Fase Link
#Keyword:
- Kurikulum Merdeka SD/MI
- Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD/MI
- Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka SD/MI
- Modul Ajar Kurikulum Merdeka SD/MI
- Pembelajaran Berbasis Proyek Kurikulum Merdeka SD/MI
- Materi Esensial Kurikulum Merdeka SD/MI
- Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka SD/MI
- Implementasi Kurikulum Merdeka SD/MI
- Evaluasi Kurikulum Merdeka SD/MI
- Dampak Kurikulum Merdeka SD/MI
- LM_SD