Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Instrumen Supervisi Pembelajaran

Download Dokumen Bukti Fisik Mutu Guru - Instrumen Supervisi Pembelajaran || IASP 2020 Format file RAR (PDF & Docx)
Instrumen Supervisi Pembelajaran

Instrument Supervisi adalah alat atau instrumen yang digunakan oleh seorang pengawas atau supervisor untuk melakukan pengamatan, evaluasi, dan memberikan umpan balik terhadap kinerja guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengawas dalam mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Berikut adalah beberapa contoh instrument supervisi yang biasa digunakan oleh pengawas atau supervisor:
  • Daftar periksa: Daftar periksa adalah alat supervisi yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang kinerja guru dalam hal persiapan mengajar, penggunaan metode dan media pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi hasil belajar siswa.
  • Observasi: Observasi adalah teknik supervisi yang dilakukan dengan mengamati secara langsung kegiatan belajar mengajar di kelas. Pengawas menggunakan lembar observasi untuk mencatat kegiatan yang diamati.
  • Wawancara: Wawancara adalah teknik supervisi yang dilakukan dengan melakukan tanya jawab dengan guru, siswa, dan staf sekolah. Pengawas menggunakan daftar pertanyaan atau pedoman wawancara untuk mengumpulkan informasi tentang kinerja guru dan siswa.
  • Kuesioner: Kuesioner adalah alat supervisi yang digunakan untuk mengumpulkan pendapat dan persepsi dari guru, siswa, dan staf sekolah tentang kinerja guru dan kualitas pembelajaran di sekolah.
  • Studi dokumen: Studi dokumen adalah teknik supervisi yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis dokumen yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar, seperti silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan hasil tes.
Instrument supervisi sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dengan menggunakan instrument supervisi yang tepat, pengawas atau supervisor dapat memperoleh informasi yang diperlukan untuk melakukan evaluasi kinerja guru dan siswa secara efektif dan membuat keputusan yang tepat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Berikut ini dokumen bukti fisik Instrumen Supervisi Pembelajaran - Mutu Guru IASP 2020 :'
  • Instrumen Supervisi Pembelajaran 📥DOWNLOAD
Jika Link RAR Meminta Password atau Unlock Key : avastudio
Demikian Artikel yang membahas tentang Download Dokumen Bukti Fisik Mutu Guru - Instrumen Supervisi Pembelajaran || IASP 2020 Format file RAR (PDF & Docx), Semoga Bermanfaat bagi kita semua
NOTE :
Apabila Artikel ini terdapat kekeliruan pada teks ataupun soal dan pembahasannya yang admin AVA Studio ID posting dikarenakan sumber materi ini adalah chatGPT dan silahkan dikonfirmasi di group TELEGRAM kami, silahkan gabung digroup telegram dengan link t.me/gurumerdeka_id

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.