Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia Fase B untuk kelas 4 SD/MI dalam Kurikulum Merdeka adalah serangkaian tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik selama fase perkembangan tersebut. CP ini dirancang dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi, serta menggunakan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) dalam Kurikulum 2013 sebagai pedoman. Kurikulum Merdeka, sebagai pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel, memungkinkan pengaturan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat siswa. Teknik dan strategi dalam mencapai pembelajaran ini juga menekankan pengurangan cakupan materi serta penggunaan tata cara penyusunan yang lebih dinamis dan fleksibel untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman bagi siswa.
Berikut adalah uraian lebih lengkap tentang setiap CP dalam Bahasa Indonesia Fase B:
A. Kemampuan Berbahasa untuk Berkomunikasi dan Bernalar:
- Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan berbahasa yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan baik dan bernalar dengan tepat.
- Kemampuan ini harus dapat diterapkan saat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa dalam berbagai konteks, terutama terkait dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitarnya. Peserta didik harus mampu mengungkapkan pemikiran dan gagasan mereka dengan jelas dan efektif.
B. Minat Terhadap Teks dan Kemampuan Memahami Gagasan dalam Teks Informatif:
- Peserta didik diharapkan menunjukkan minat yang tinggi terhadap teks, termasuk teks informatif.
- Mereka harus mampu memahami isi teks informatif dengan baik, mengekstrak gagasan utama, dan menyampaikannya dengan jelas.
- Kemampuan ini tidak hanya mencakup pemahaman teks secara individu, tetapi juga kemampuan untuk berpartisipasi dalam kerja kelompok, diskusi, dan menyampaikan pendapat secara lisan dan tertulis.
C. Penguasaan Kosakata Baru melalui Berbagai Kegiatan Berbahasa dan Bersastra:
- Peserta didik diharapkan mampu meningkatkan penguasaan kosakata mereka melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra.
- Mereka harus terbiasa dengan berbagai topik dan konteks yang beragam, sehingga memiliki kemampuan berbicara dan menulis yang lebih kaya dan variatif.
- Kegiatan-kegiatan ini dapat mencakup membaca buku, menulis cerita, mendengarkan dongeng, dan berpartisipasi dalam permainan bahasa.
D. Membaca dengan Fasih dan Lancar:
- Peserta didik diharapkan mampu membaca dengan fasih dan lancar. Kemampuan membaca yang baik merupakan landasan penting untuk pemahaman teks.
- Selama fase ini, mereka akan mengembangkan kemampuan membaca yang lebih baik, termasuk pemahaman konteks dan pengucapan yang benar.
Pendekatan Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas dalam merancang pembelajaran, dengan mengutamakan kualitas daripada kuantitas materi. Hal ini bertujuan agar siswa merasa nyaman dan tidak tertekan dalam proses pembelajaran, serta dapat mengembangkan potensi mereka sesuai dengan minat dan bakat individu. Dengan demikian, tujuan utama dari CP Bahasa Indonesia Fase B adalah memastikan bahwa peserta didik memiliki kemampuan bahasa yang kuat, termasuk kemampuan berkomunikasi, memahami teks, menguasai kosakata, dan membaca dengan fasih dan lancar, sehingga mereka siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 Fase B SD/MI - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 170 kb