Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) dalam mata pelajaran Fisika untuk kelas 10 SMA/MA dalam Kurikulum Merdeka adalah suatu penilaian yang dilakukan pada akhir semester ganjil setelah guru mengajar dua atau tiga bab materi, yang berlangsung selama sekitar dua atau tiga bulan sejak awal semester. Ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dalam memahami konsep-konsep dasar fisika.
Materi yang diujikan dalam SAS Fisika kelas 10 Kurikulum Merdeka meliputi sejumlah topik utama, termasuk besaran dan satuan, gerak lurus, gerak parabola, hukum Newton, usaha dan energi, momentum dan impuls, rotasi benda tegar, elastisitas, gravitasi, dan fluida. Tujuan utama dari SAS ini adalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam beberapa aspek, seperti:
- **Pemahaman Konsep Fisika**: Siswa diuji dalam pemahaman mereka terhadap konsep-konsep dasar fisika yang diajarkan selama periode tersebut.
- **Penerapan Prinsip Fisika**: Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menerapkan prinsip-prinsip fisika untuk menyelesaikan masalah atau situasi tertentu.
- **Keterampilan Eksperimental**: Evaluasi terhadap kemampuan siswa dalam melakukan eksperimen fisika dengan menggunakan alat dan bahan yang sesuai.
- **Pengembangan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis**: Selain aspek pengetahuan, asesmen ini juga mengevaluasi kemampuan siswa dalam mengembangkan sikap ilmiah, seperti sikap inkuiri, ketelitian, dan keterampilan berpikir kritis dalam konteks fisika.
Berdasarkan tujuan ini, bentuk SAS Fisika kelas 10 Kurikulum Merdeka bisa beragam, seperti tes tertulis, tes praktikum, tes lisan, atau portofolio. Guru memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan bentuk dan jumlah soal yang akan diberikan dalam SAS ini. Penyesuaian ini dapat dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik siswa, materi pelajaran yang telah diajarkan, waktu yang tersedia, dan sumber daya yang tersedia.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Fisika Kelas 10 Semester Ganjil SMA/MA || Kurikulum Merdeka + Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya
SAS Fisika bukan hanya merupakan alat penilaian akhir, tetapi juga merupakan kesempatan bagi guru untuk mengevaluasi secara menyeluruh pemahaman siswa terhadap materi fisika yang telah diajarkan. Selain itu, hasil dari SAS ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi keberhasilan kurikulum, memberikan umpan balik bagi metode pengajaran yang telah digunakan, dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran ke depan.