Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Mata Pelajaran Studi Kebudayaan Islam (SKI) adalah evaluasi yang dilakukan oleh guru pada akhir semester ganjil untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan Kurikulum Merdeka kelas 10 SMA/MA. Sasaran utama dari SAS ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penerapan materi yang telah dipelajari oleh peserta didik selama periode pembelajaran semester ganjil.
Mata pelajaran SKI merupakan salah satu mata pelajaran wajib di SMA/MA yang memfokuskan pada kajian tentang sejarah kebudayaan Islam. Hal ini meliputi perkembangan serta peradaban Islam dari masa Nabi Muhammad SAW hingga konteks masa kini. Tujuan dari mata pelajaran ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai nilai-nilai, warisan, serta kontribusi Islam terhadap dunia.
Penyusunan soal dalam SAS mata pelajaran SKI semester ganjil kelas 10 SMA/MA Kurikulum Merdeka mengacu pada Kisi-Kisi Soal SAS yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Kisi-kisi ini memuat informasi mengenai indikator pencapaian kompetensi, materi pokok yang diuji, alokasi waktu ujian, bentuk soal yang digunakan, jumlah soal, serta kriteria penilaian yang akan diterapkan dalam penilaian SAS. Rincian terperinci mengenai kisi-kisi tersebut dapat diunduh dari situs resmi Kemenag.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) SKI Kelas 10 Semester Ganjil SMA/MA || Kurikulum Merdeka + Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya
Contoh soal SAS untuk mata pelajaran SKI kelas 10 SMA/MA Kurikulum Merdeka yang tersedia pada situs yang disediakan disusun berdasarkan kisi-kisi yang telah ditetapkan. Soal-soal tersebut memberikan gambaran kepada peserta didik tentang jenis pertanyaan dan materi yang akan diuji dalam evaluasi tersebut, membantu mereka mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi ujian akhir semester.