Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024: Prinsip Pengembangan Instrumen Proses
Indikator Soal:
- Menentukan distraktor yang berfungsi dalam soal pilihan ganda
- Menentukan asesmen otentik yang tepat dalam pembelajaran suatu pokok bahasan
- Menentukan instrumen portofolio yang tepat dalam pembelajaran suatu pokok bahasan
- Menentukan teknik penilaian yang sesuai dengan aktivitas pembelajaran
- Mengembangkan soal yang sesuai dengan indikator
- Mengembangkan soal yang sesuai untuk mengukur pemahaman konsep
Soal 1:
Pada soal pilihan ganda yang baik, distraktor harus memiliki karakteristik berikut, kecuali:
(A) Plausible, memiliki daya tarik bagi peserta didik yang tidak menguasai materi
(B) Relevan, berkaitan dengan materi yang diukur
(C) Homogen, memiliki tingkat kesulitan yang sama
(D) Diskriminatif, mampu membedakan peserta didik yang menguasai dan tidak menguasai materi
Kunci Jawaban: (D)
Pembahasan:
Distraktor yang baik tidak boleh bersifat diskriminatif, karena tujuannya adalah untuk menjebak peserta didik yang tidak menguasai materi. Distraktor yang baik harus plausible (memiliki daya tarik), relevan (berkaitan dengan materi), dan homogen (memiliki tingkat kesulitan yang sama) agar dapat membedakan peserta didik yang menguasai dan tidak menguasai materi.
Soal 2:
Berikut adalah beberapa contoh asesmen otentik, kecuali:
(A) Proyek
(B) Observasi
(C) Tes tertulis pilihan ganda
(D) Penilaian kinerja
Kunci Jawaban: (C)
Pembahasan:
Tes tertulis pilihan ganda bukan termasuk asesmen otentik. Asesmen otentik adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan kinerja peserta didik dalam situasi yang nyata. Contoh asesmen otentik adalah proyek, observasi, dan penilaian kinerja.
Soal 3:
Berikut adalah beberapa contoh instrumen portofolio, kecuali:
(A) Kumpulan karya tulis peserta didik
(B) Jurnal harian pembelajaran
(C) Laporan hasil observasi
(D) Dokumentasi proyek
Kunci Jawaban: (B)
Pembahasan:
Jurnal harian pembelajaran bukan termasuk instrumen portofolio. Portofolio adalah kumpulan bukti yang menunjukkan perkembangan belajar peserta didik. Contoh instrumen portofolio adalah kumpulan karya tulis, laporan hasil observasi, dan dokumentasi proyek.
Soal 4:
Teknik penilaian yang paling tepat untuk menilai aktivitas pembelajaran diskusi adalah:
(A) Tes tertulis pilihan ganda
(B) Observasi
(C) Penilaian kinerja
(D) Lembar observasi
Kunci Jawaban: (D)
Pembahasan:
Lembar observasi adalah teknik penilaian yang paling tepat untuk menilai aktivitas pembelajaran diskusi karena dapat mencatat secara detail partisipasi dan kontribusi setiap peserta didik dalam diskusi.
Soal 5:
Berikut adalah langkah-langkah mengembangkan soal yang sesuai dengan indikator, kecuali:
(A) Menentukan tujuan pembelajaran
(B) Merumuskan indikator
(C) Menulis kisi-kisi soal
(D) Mengembangkan soal
Kunci Jawaban: (A)
Pembahasan:
Langkah pertama dalam mengembangkan soal yang sesuai dengan indikator adalah merumuskan indikator, bukan menentukan tujuan pembelajaran. Indikator adalah penjabaran dari tujuan pembelajaran yang lebih spesifik dan terukur.
Soal 6:
Berikut adalah karakteristik soal yang baik untuk mengukur pemahaman konsep, kecuali:
(A) Soal hanya menanyakan hafalan definisi
(B) Soal menuntut peserta didik untuk menjelaskan konsep dengan kata-kata mereka sendiri
(C) Soal menuntut peserta didik untuk menerapkan konsep pada situasi yang baru
(D) Soal menuntut peserta didik untuk menganalisis hubungan antar konsep
Kunci Jawaban: (A)
Pembahasan:
Soal yang baik untuk mengukur pemahaman konsep tidak hanya menanyakan hafalan definisi. Soal yang baik harus menuntut peserta didik untuk menjelaskan konsep dengan kata-kata mereka sendiri, menerapkan konsep pada situasi yang baru, dan menganalisis hubungan antar konsep.
Catatan:
Soal-soal di atas hanya contoh, dan masih banyak jenis soal lain yang dapat dibuat untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi "Prinsip Pengembangan Instrumen Proses".