Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Teori perkembangan intelektual peserta didik

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 , Topik: Teori Perkembangan Intelektual Peserta Didik (7-17 Tahun)

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 ,

Topik: 

Teori Perkembangan Intelektual Peserta Didik (7-17 Tahun)

Indikator: 

Menganalisis data dan informasi tentang usia peserta didik (7-17 tahun) untuk menentukan teori perkembangan intelektual yang tepat.

Soal:

Seorang guru kelas 3 SD (8 tahun) mengamati bahwa murid-muridnya mulai menunjukkan kemampuan untuk berpikir logis dan abstrak, meskipun masih sering terikat pada pengalaman konkret. Mereka juga mulai menunjukkan minat pada konsep-konsep moral dan sosial. Teori perkembangan intelektual manakah yang paling tepat untuk menjelaskan tahap perkembangan kognitif murid-murid tersebut?

Pilihan Jawaban:

  • (A) Sensorimotor (Piaget) 
  • (B) Praoperasional (Piaget) 
  • (C) Operasional Konkrit (Piaget) 
  • (D) Operasional Formal (Piaget) 
  • (E) Teori Multidimensional (Sternberg)

Kunci Jawaban:

(C) Operasional Konkrit (Piaget)

Pembahasan:

Berdasarkan deskripsi pada soal, murid-murid menunjukkan beberapa ciri khas tahap Operasional Konkrit Piaget, yaitu:
  • Kemampuan berpikir logis dan abstrak yang mulai berkembang, meskipun masih terikat pada pengalaman konkret.
  • Minat pada konsep-konsep moral dan sosial.
Ciri-ciri ini menunjukkan bahwa murid-murid tersebut berada pada tahap perkembangan kognitif di mana mereka mampu berpikir secara logis tentang objek dan peristiwa yang konkret. Mereka juga mulai memahami konsep moral dan sosial, meskipun masih dalam tahap awal.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang teori-teori lain yang tercantum dalam pilihan jawaban:
  • Sensorimotor (Piaget): Tahap ini berlaku untuk anak usia 0-2 tahun, di mana mereka belajar melalui tindakan dan pengalaman sensoris.
  • Praoperasional (Piaget): Tahap ini berlaku untuk anak usia 2-7 tahun, di mana mereka mulai menggunakan bahasa dan simbol untuk mewakili objek dan peristiwa.
  • Operasional Formal (Piaget): Tahap ini berlaku untuk individu usia 11 tahun ke atas, di mana mereka mampu berpikir abstrak dan hipotetis.
  • Teori Multidimensional (Sternberg): Teori ini menekankan pada tiga aspek kecerdasan, yaitu kemampuan komponensial, kontekstual, dan eksistensial.
Berdasarkan penjelasan di atas, teori yang paling tepat untuk menjelaskan tahap perkembangan kognitif murid-murid dalam soal adalah Operasional Konkrit (Piaget).

Catatan:

Soal dan jawaban di atas hanya contoh. Kemungkinan terdapat variasi soal dan jawaban lain yang dapat dibuat berdasarkan indikator yang sama.

Sumber:

إرسال تعليق

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.