Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 12 Fase F dalam Kurikulum Merdeka memiliki beberapa aspek penting yang dapat diuraikan lebih lengkap dan jelas sebagai berikut:
1. **Identifikasi Permasalahan Sosial**:
- Peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial yang muncul sebagai akibat dari adanya kelompok sosial yang beragam. Mereka harus dapat mengenali potensi permasalahan sosial, konflik, dan kekerasan yang mungkin muncul akibat keragaman ini. Ini melibatkan kemampuan untuk mengamati, menganalisis, dan memahami sumber-sumber ketegangan dan konflik dalam masyarakat serta dampaknya.
2. **Pemecahan Masalah Sosial**:
- Peserta didik diharapkan mampu secara kritis dan kreatif memberikan solusi terhadap berbagai masalah sosial yang dihadapi dalam dinamika kehidupan sosial saat ini. Mereka perlu mengembangkan kemampuan pemikiran kritis untuk merumuskan solusi yang solutif terhadap masalah-masalah ini, terutama dalam konteks masyarakat digital yang terus berkembang.
3. **Penerapan Prinsip Kesetaraan**:
- Peserta didik diharapkan mampu menerapkan prinsip kesetaraan dalam menghadapi perbedaan sosial. Mereka harus dapat memahami pentingnya menghormati hak dan martabat setiap individu, terlepas dari latar belakang sosial, agama, ras, gender, atau faktor-faktor lainnya. Prinsip kesetaraan harus menjadi dasar dalam menciptakan masyarakat yang harmonis dan integratif.
4. **Analisis Perubahan Sosial**:
- Peserta didik diharapkan mampu menganalisis perubahan sosial yang terjadi dalam kelompok atau komunitas, terutama dalam konteks globalisasi dan perkembangan teknologi digital. Mereka perlu memahami dampak dari globalisasi, teknologi digital, dan perubahan sosial lainnya terhadap masyarakat. Kemampuan ini harus diikuti dengan keterampilan memberikan solusi terhadap dampak negatif seperti ketimpangan sosial, perilaku asosial, dan masalah-masalah sosial lainnya.
5. **Pemberdayaan Komunitas**:
- Peserta didik diharapkan mampu merancang strategi, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan atau proyek pemberdayaan komunitas. Ini harus didasarkan pada kearifan lokal, sehingga upaya pemberdayaan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik khusus komunitas tersebut. Mereka juga diharapkan mampu menyajikan hasil aksi pemberdayaan dan memberikan bukti konkrit tentang kontribusi mereka dalam konteks kewirausahaan sosial.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 12 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 170 kb
Dengan pemahaman yang mendalam tentang aspek-aspek ini, peserta didik diharapkan dapat menjadi individu yang lebih peduli terhadap isu-isu sosial, kritis dalam berpikir, dan mampu berkontribusi positif dalam menciptakan masyarakat yang lebih harmonis, inklusif, dan berkelanjutan.