Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Seni Budaya
Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) PPG Dalam Jabatan (Daljab) Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Seni Budaya terdiri dari beberapa jenis soal, yaitu:
1. Pedagogik
- Meliputi pemahaman tentang konsep pedagogik, pembelajaran, dan teori belajar.
2. Materi Esensial Profesional (MEP)
- Meliputi pengetahuan dan pemahaman tentang seni budaya secara umum, termasuk:Sejarah seni budaya
- Estetika seni budaya
- Kritik seni budaya
- Pembelajaran seni budaya
3. LiterasiMeliputi pemahaman tentang bacaan dan numerasi.
4. Kompetensi KeahlianMeliputi kemampuan dalam:
- Menyanyi
- Menari
- Memainkan alat musik
- Mendramatisasi
- Mewarnai
- Menggambar
- Merancang
📁CONTOH SOAL USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi pada materi Seni Budaya yang harus dimiliki peserta didik)
- Teori perkembangan mental
- Teori belajar dan aplikasinya
- Strategi/pendekatan, model, dan metode pembelajaran Seni Budaya
- Kompetensi pembelajaran abad 21 can implementasinya dalam pembelajaran Seni Budaya
- Pengembangan media pembelajaran visual, audio, dan audio visual untuk seni budaya
- Sumber belajar berdasarkan jenis media (visual, audio, dan audio visual)
CPBS 3 (Mampu menguasai teori dan aplikasi materi bidang studi Seni Budaya termasuk advance materials )
- Konsep dalam seni rupa
- Unsur dan prinsip dalam seni rupa
- Bentuk/Jenis karya seni rupa
- Tema da nilai estetis karya dalam seni rupa
- Perkembangan seni rupa (tokoh, tempat, waktu, corak/gaya)
- Konsep, unsur, prinsip tentang karya musik
- Bentuk/jenis, tema, dan nilai estetis dalam berkarya seni musik
- Teknik dasar dan format bernyanyi
- Pengertian ansambel musik
- Pengetahuan estetika musik
- Pembelajaran estetika musik
- Konsep, unsur, prinsip tentang jenis tari
- Prinsip tentang karya seni tari
- Bentuk/jenis tema, dan nilai estetis dalam seni tari
- Perbedaan tari dan kontemporer.
- Nilai estetis dalam karya seni teater
- Perkembangan seni tari (tokoh, tempat, waktu, corak/gaya)
- Perkembangan seni teater (tokoh, gaya dan jenis)
- makna kritik dan apresiasi karya seni rupa
- prosedur kritik dan apresiasi karya seni rupa
- perencanaan dan pelaksanaan pameran karya seni rupa
- Makna, fungsi dan kategori kritik dan apresiasi karya seni musik
- Prosedur kritik dan apresiasi karya seni musik
- Perencanaan pagelaran/pertunjukan karya seni musik
- Makna, fungsi, dan kategori kritik dan apresiasi karya seni tari
- Fungsi kritik dan apresiasi karya seni tari
- Prosedur kritik dan apresiasi karya seni tari
- Perencanaan dan pelaksanaan pertunjukan karya seni tari
- Konsep unsur, prinsip, tentang seni teater
- Makna, fungsi, dan kategori kritik dan apresiasi karya seni teater
- Prosedur kritik dan apresiasi karya seni teater
- Pelaksanaan pertunjukan karya seni teater
- Makna dan fungsi kreasi dalam seni rupa
- Teknik dan medium berkarya seni rupa
- Prosedur dalam berkarya seni rupa
- Makna dan fungsi kreasi dalam seni musik
- Teknik dan medium berkarya seni musik
- Prosedur dalam berkarya seni musik
- Makna dan fungsi kreasi dalam seni tari
- Teknik dan medium dalam berkarya seni tari
- Makna dan fungsi kreasi dalam seni teater
- Teknik dan medium dalam berkarya seni teater
- Prosedur dalam berkarya seni teater
- Mampu menguasai pendekatan/model/metode dalam pembelajaran konsep estetika seni budaya bidang seni rupa
- Mampu menguasai pendekatan/model/metode dalam pembelajaran konsep estetika seni budaya bidang seni musik
- Mampu menguasai pendekatan/model/metode dalam pembelajaran konsep estetika seni budaya bidang seni tari
- Mampu menguasaipendekatan/model/metode dalam pembelajaran konsep estetika seni budaya bidang seni teater
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran Seni Budaya)
- Hubungan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dengan Indikator pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya
- Analisis KD konten alat musik tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
- Analisis KD konten teater tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
- Materi ajar membuat deskripsi karya seni rupa berdasarkan pengamatan dalam bentuk lisan atau tulisan
- Materi ajar memainkan alat musik tradisional
- Materi ajar gerak tari tradisional berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai dengan hitungan/ketukan
- Materi ajar teater tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
- Merancang pembelajaran Seni Budaya pada materi esensi dan perkembangan seni budaya (rupa, tari, musik, dan teater) dengan menerapkan pendekatan/model/metode yang sesuai dengan materi dengan menerapkan prinsip TPACK disertai dengan penguatan karakter
- Merancang pembelajaran Seni Budaya pada materi apresiasi seni budaya (rupa, tari, musik, dan teater) dengan menggunakan media yang sesuai dengan materi dengan menerapkan prinsip TPACK disertai dengan penguatan karakter.
- Merancang pembelajaran Seni Budaya pada materi kreasi seni budaya (rupa, tari, musik, dan teater) dengan menerapkan pendekatan/model/metode yang sesuai dengan materi dengan menerapkan prinsip TPACK disertai dengan penguatan karakter.
CPBS 5 (Mampu mengimplementasikan perangkat pembelajaran Seni Budaya pada jenjang SMP/SMA berbasis TPACK)
- Aspek keterampilan dasar mengajar guru seni budaya
- Praktek pembelajaran seni budaya pada materi konsep, unsur, prinsip, teknik dan rosedur dalam (rupa, tari, musik, dan teater)
- Praktek pembelaran pada materi tema dan nilai estetis dalam karya seni budaya (rupa, tari, musik, dan teater)
- Pembelajaran tentang konsep Apresiasi seni budaya
- Praktek pembelajaran konsep kreasi tentang makna dan fungsi karya
- Teknik dan medium berkarya seni Budaya
- Konsep dan praktek pembelajaran pameran dan pagelaran seni Budaya
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran Seni Budaya)
- Perbandingan konsep evaluasi assessment for learning dan assesment as learning
- Prinsip evaluasi dalam proses pembelajaran seni budaya
- Fungsi formatif, sumatif, diagnostik, dan penempatan dalam evaluasi pembelajaran seni budaya
- Makna evaluasi bagi guru
- Makna evaluasi bagi siswa
- Mengembangkan kisi-kisi instrument evaluasi berdasarkan tujuan pembelajaran seni budaya pada apek pengetahuan, sikap dan keterampilan
- Mengembangkan butir instrument evaluasi HOTS pembelajaran seni budaya
- Mengembangkan butir instrument evaluasi HOTS pembelajaran seni budaya
- Menetukan validitas dan realibititas instrumen dalam sebuah hasil evaluasi/asesmen
- Menetukan tingkat kesukaran dan daya pembeda instrumen dalam sebuah hasil evaluasi/asesmen
- Menguasai ragam penilaian non tes
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru Seni Budaya (rupa, musik, tari, teater) profesional )
- Mengidentifikasi dan menentukan alternatif pemecahan masalah pembelajaran seni budaya untuk diimplementasikan dalam PTK
- Menemukan alternatif pemecahan masalah pembelajaran
- Rumusan masalah PTK dalam pembelajaran Seni Budaya
- Implementasi PTK berdasarkan permasalahan real di sekolah
- Sistematika dan subtansi proposal PTK
- Langkah-langkah menyusun proposal PTK
- Pelaporan PTK sesuai dengan hasil penelitian
- Pemanfaan hasil PTK untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran
- Kelebihan dan kelemahan tindakan dan hasil PTK terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran
- Komponen isi bagian artikel jurnal
Tips Persiapan Ujian:
- Pelajari kisi-kisi soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024.
- Lakukan latihan soal dari berbagai sumber.
- Pahami konsep-konsep dasar pedagogik dan seni budaya.
- Kembangkan kemampuan dalam bidang seni budaya.
- Ikuti tryout atau simulasi ujian untuk mengukur kemampuan dan kesiapan.
Informasi Penting:Jadwal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 belum diumumkan secara resmi.
Pantau terus informasi terbaru di situs web resmi Kemenag.
Semoga informasi ini bermanfaat!