Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Contoh Soal Seni Budaya USKA PPG Daljab Kemenag 2024 ( Kunci Jawaban dan Pembahasannya)

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Seni Budaya

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Seni Budaya

Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) PPG Dalam Jabatan (Daljab) Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Seni Budaya terdiri dari beberapa jenis soal, yaitu:
1. Pedagogik
  • Meliputi pemahaman tentang konsep pedagogik, pembelajaran, dan teori belajar.
2. Materi Esensial Profesional (MEP)
  • Meliputi pengetahuan dan pemahaman tentang seni budaya secara umum, termasuk:Sejarah seni budaya
  • Estetika seni budaya
  • Kritik seni budaya
  • Pembelajaran seni budaya
3. LiterasiMeliputi pemahaman tentang bacaan dan numerasi.

4. Kompetensi KeahlianMeliputi kemampuan dalam:
  • Menyanyi
  • Menari
  • Memainkan alat musik
  • Mendramatisasi
  • Mewarnai
  • Menggambar
  • Merancang

📁CONTOH SOAL  USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁

LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
  1. Sikap nasionalisme - 📖 Baca
  2. Sikap patriotisme - 📖 Baca
  3. Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
  4. Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
  5. Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
  6. Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
  7. Sikap berwibawa - 📖 Baca
  8. Sikap tegas - 📖 Baca
  9. Sikap disiplin - 📖 Baca
  10. Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
  11. Sikap samapta - 📖 Baca
  12. Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
  13. Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi pada materi Seni Budaya yang harus dimiliki peserta didik)
  1. Teori perkembangan mental
  2. Teori belajar dan aplikasinya
  3. Strategi/pendekatan, model, dan metode pembelajaran Seni Budaya
  4. Kompetensi pembelajaran abad 21 can implementasinya dalam pembelajaran Seni Budaya
  5. Pengembangan media pembelajaran visual, audio, dan audio visual untuk seni budaya
  6. Sumber belajar berdasarkan jenis media (visual, audio, dan audio visual)
CPBS 3 (Mampu menguasai teori dan aplikasi materi bidang studi Seni Budaya termasuk advance materials )
  1. Konsep dalam seni rupa
  2. Unsur dan prinsip dalam seni rupa
  3. Bentuk/Jenis karya seni rupa
  4. Tema da nilai estetis karya dalam seni rupa
  5. Perkembangan seni rupa (tokoh, tempat, waktu, corak/gaya)
  6. Konsep, unsur, prinsip tentang karya musik
  7. Bentuk/jenis, tema, dan nilai estetis dalam berkarya seni musik
  8. Teknik dasar dan format bernyanyi 
  9. Pengertian ansambel musik
  10. Pengetahuan estetika musik
  11. Pembelajaran estetika musik
  12. Konsep, unsur, prinsip tentang jenis tari
  13. Prinsip tentang karya seni tari
  14. Bentuk/jenis tema, dan nilai estetis dalam seni tari
  15. Perbedaan tari dan kontemporer.
  16. Nilai estetis dalam karya seni teater
  17. Perkembangan seni tari (tokoh, tempat, waktu, corak/gaya)
  18. Perkembangan seni teater (tokoh, gaya dan jenis)
  19. makna kritik dan apresiasi karya seni rupa
  20. prosedur kritik dan apresiasi karya seni rupa
  21. perencanaan dan pelaksanaan pameran karya seni rupa
  22. Makna, fungsi dan kategori kritik dan apresiasi karya seni musik
  23. Prosedur kritik dan apresiasi karya seni musik
  24. Perencanaan pagelaran/pertunjukan karya seni musik
  25. Makna, fungsi, dan kategori kritik dan apresiasi karya seni tari
  26. Fungsi kritik dan apresiasi karya seni tari
  27. Prosedur kritik dan apresiasi karya seni tari
  28. Perencanaan dan pelaksanaan pertunjukan karya seni tari
  29. Konsep unsur, prinsip, tentang seni teater
  30. Makna, fungsi, dan kategori kritik dan apresiasi karya seni teater
  31. Prosedur kritik dan apresiasi karya seni teater
  32. Pelaksanaan pertunjukan karya seni teater
  33. Makna dan fungsi kreasi dalam seni rupa
  34. Teknik dan medium berkarya seni rupa
  35. Prosedur dalam berkarya seni rupa
  36. Makna dan fungsi kreasi dalam seni musik
  37. Teknik dan medium berkarya seni musik
  38. Prosedur dalam berkarya seni musik
  39. Makna dan fungsi kreasi dalam seni tari
  40. Teknik dan medium dalam berkarya seni tari
  41. Makna dan fungsi kreasi dalam seni teater
  42. Teknik dan medium dalam berkarya seni teater
  43. Prosedur dalam berkarya seni teater
  44. Mampu menguasai pendekatan/model/metode dalam pembelajaran konsep estetika seni budaya bidang seni rupa
  45. Mampu menguasai pendekatan/model/metode dalam pembelajaran konsep estetika seni budaya bidang seni musik
  46. Mampu menguasai pendekatan/model/metode dalam pembelajaran konsep estetika seni budaya bidang seni tari
  47. Mampu menguasaipendekatan/model/metode dalam pembelajaran konsep estetika seni budaya bidang seni teater
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran Seni Budaya)
  1. Hubungan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dengan Indikator pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya
  2. Analisis KD konten alat musik tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
  3. Analisis KD konten teater tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
  4. Materi ajar membuat deskripsi karya seni rupa berdasarkan pengamatan dalam bentuk lisan atau tulisan
  5. Materi ajar memainkan alat musik tradisional 
  6. Materi ajar gerak tari tradisional berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai dengan hitungan/ketukan
  7. Materi ajar teater tradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
  8. Merancang pembelajaran Seni Budaya pada materi esensi dan perkembangan seni budaya (rupa, tari, musik, dan teater) dengan menerapkan pendekatan/model/metode yang sesuai dengan materi dengan menerapkan prinsip TPACK disertai dengan penguatan karakter
  9. Merancang pembelajaran Seni Budaya pada materi apresiasi seni budaya (rupa, tari, musik, dan teater) dengan menggunakan media yang sesuai dengan materi dengan menerapkan prinsip TPACK disertai dengan penguatan karakter.
  10. Merancang pembelajaran Seni Budaya pada materi kreasi seni budaya (rupa, tari, musik, dan teater) dengan menerapkan pendekatan/model/metode yang sesuai dengan materi dengan menerapkan prinsip TPACK disertai dengan penguatan karakter.
CPBS 5 (Mampu mengimplementasikan perangkat pembelajaran Seni Budaya pada jenjang SMP/SMA berbasis TPACK)
  1. Aspek keterampilan dasar mengajar guru seni budaya
  2. Praktek pembelajaran seni budaya pada materi konsep, unsur, prinsip, teknik dan rosedur dalam (rupa, tari, musik, dan teater)
  3. Praktek pembelaran pada materi tema dan nilai estetis dalam karya seni budaya (rupa, tari, musik, dan teater)
  4. Pembelajaran tentang konsep Apresiasi seni budaya
  5. Praktek pembelajaran konsep kreasi tentang makna dan fungsi karya
  6. Teknik dan medium berkarya seni Budaya
  7. Konsep dan praktek pembelajaran pameran dan pagelaran seni Budaya
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran Seni Budaya)
  1. Perbandingan konsep evaluasi assessment for learning dan assesment as learning
  2. Prinsip evaluasi dalam proses pembelajaran seni budaya
  3. Fungsi formatif, sumatif, diagnostik, dan penempatan dalam evaluasi pembelajaran seni budaya
  4. Makna evaluasi bagi guru
  5. Makna evaluasi bagi siswa
  6. Mengembangkan kisi-kisi instrument evaluasi berdasarkan tujuan pembelajaran seni budaya pada apek pengetahuan, sikap dan keterampilan
  7. Mengembangkan butir instrument evaluasi HOTS pembelajaran seni budaya
  8. Mengembangkan butir instrument evaluasi HOTS pembelajaran seni budaya
  9. Menetukan validitas dan realibititas instrumen dalam sebuah hasil evaluasi/asesmen
  10. Menetukan tingkat kesukaran dan daya pembeda instrumen dalam sebuah hasil evaluasi/asesmen
  11. Menguasai ragam penilaian non tes
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru Seni Budaya (rupa, musik, tari, teater) profesional )
  1. Mengidentifikasi dan menentukan alternatif pemecahan masalah pembelajaran seni budaya untuk diimplementasikan dalam PTK
  2. Menemukan alternatif pemecahan masalah pembelajaran
  3. Rumusan masalah PTK dalam pembelajaran Seni Budaya
  4. Implementasi PTK berdasarkan permasalahan real di sekolah
  5. Sistematika dan subtansi proposal PTK
  6. Langkah-langkah menyusun proposal PTK
  7. Pelaporan PTK sesuai dengan hasil penelitian
  8. Pemanfaan hasil PTK untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran
  9. Kelebihan dan kelemahan tindakan dan hasil PTK terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran
  10. Komponen isi bagian artikel jurnal

Tips Persiapan Ujian:

  • Pelajari kisi-kisi soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024.
  • Lakukan latihan soal dari berbagai sumber.
  • Pahami konsep-konsep dasar pedagogik dan seni budaya.
  • Kembangkan kemampuan dalam bidang seni budaya.
  • Ikuti tryout atau simulasi ujian untuk mengukur kemampuan dan kesiapan.
Informasi Penting:Jadwal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 belum diumumkan secara resmi.
Pantau terus informasi terbaru di situs web resmi Kemenag.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.