Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Sosiologi
Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Sosiologi dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman calon guru agama Islam tentang berbagai konsep dan teori sosiologi, serta kemampuan mereka untuk menerapkannya dalam konteks pendidikan agama Islam.
📁CONTOH SOAL USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik)
- Teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip penggunaan teknologi informasi dan komunikasi - 📖 Baca
- Aktivitas 4C dan pembelajaran HOTS dalam langkah-langkkah kegiatan pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip penyusunan RPP - 📖 Baca
CPBS 3 (Menguasai materi ajar termasuk advance materials)
- Jenis stratifikasi sosial (terbuka dan terbuka) - 📖 Baca
- Dasar-dasar stratifikasi sosial - 📖 Baca
- Stratifikasi Sosial - 📖 Baca
- Pemecahan masalah(Intervensi sosial untuk kepentingan masyarakat) - 📖 Baca
- Dampak masalah sosial (individu, keluarga, komunitas dan institusi sosial) - 📖 Baca
- Faktor-faktor penyebab masalah sosial - 📖 Baca
- Jenis-jenis masalah sosial - 📖 Baca
- Masalah Sosial - 📖 Baca
- Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu yang berdiri sendiri - 📖 Baca
- Objek kajian sosiologi - 📖 Baca
- Fungsi dan manfaat sosiologi - 📖 Baca
- Bentuk kelompok sosial - 📖 Baca
- Faktor penyebab kemajemukan masyarakat Indonesia - 📖 Baca
- Differensiasi sosial - 📖 Baca
- Dasar-dasar pembentukan kelompok - 📖 Baca
- Jenis kelompok sosial - 📖 Baca
- Kelompok sosial - 📖 Baca
- Bentuk-bentuk perilaku menyimpang - 📖 Baca
- Kelompok-kelompok penyimpang - 📖 Baca
- Sifat-sifat pengendalian sosial - 📖 Baca
- Jenis-jenis penyimpangan sosial - 📖 Baca
- Faktor-faktor penyebab perilaku menyimpang - 📖 Baca
- Faktor pendorong perubahan sosial - 📖 Baca
- Dampak globalisasi di masyarakat - 📖 Baca
- Faktor penghambat perubahan sosial - 📖 Baca
- Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial - 📖 Baca
- Jenis-jenis perubahan sosial - 📖 Baca
- Permasalahan sosial - 📖 Baca
- akibat globalisasi - 📖 Baca
- Fungsi media sosialisasi - 📖 Baca
- Tahap-tahap sosialisasi - 📖 Baca
- Unsur terciptanya - 📖 Baca
- keteraturan sosial - 📖 Baca
- Pola sosialisasi - 📖 Baca
- Hambatan dan tantangan mobilitas sosial - 📖 Baca
- Bentuk-bentuk mobilitas sosial - 📖 Baca
- Dampak mobilitas sosial - 📖 Baca
- Faktor pendorong mobilitas sosial - 📖 Baca
- Peran masyarakat dan negara dalam memperkuat kearifan lokal - 📖 Baca
- Kearifan lokal - 📖 Baca
- Fungsi kearifan lokal dalam pengembangan - 📖 Baca
- integrasi nasional - 📖 Baca
- Ciri-ciri terjadinya interaksi sosial - 📖 Baca
- Syarat interaksi sosial - 📖 Baca
- Bentuk-bentuk interaksi sosial - 📖 Baca
- Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial - 📖 Baca
- Faktor pendorong integrasi sosial - 📖 Baca
- Faktor penyebab konflik - 📖 Baca
- Metode penyelesaian konflik - 📖 Baca
- Rumusan masalah dalam sebuah judul penelitian - 📖 Baca
- Etika penelitian sosial - 📖 Baca
- Metode penelitian sosial - 📖 Baca
- Langkah-langkah penelitian sosial - 📖 Baca
CPBS 4 ( Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan sosiologi, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi )
- Prinsip-prinsip pembelajaran - 📖 Baca
- Teori belajar - 📖 Baca
- Pendekatan pembelajaran - 📖 Baca
- Perpaduan pengetahuan sosiologi, pedagogik serta teknologi informasi dan komunikasi - 📖 Baca
- Landasan pengembangan kurikulum - 📖 Baca
- Evaluasi pengembangan kurikulum - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum - 📖 Baca
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada bidang studi Sosiologi)
- Penyusunan RPP sesuai Silabus pada kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sosiologi - 📖 Baca
- Penentuan media pembelajaran - 📖 Baca
- Penentuan sumber belajar - 📖 Baca
- Perumusan materi pembelajaran sesuai indikator - 📖 Baca
- Penentuan model pembelajaran inovatif - 📖 Baca
- Penentuan teknik penilaian - 📖 Baca
- Penentuan strategi pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pembelajaran efektif dalam pembelajaran sosiologi - 📖 Baca
- Penyusunan indikator
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran sosiologi)
- Manfaat penggunaan hasil penilaian, untuk peningkatan kualitas pembelajaran - 📖 Baca
- Penilaian HOTS - 📖 Baca
- Penilaian otentik - 📖 Baca
- Penilaian portofolio - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru sosiologi yang profesional )
- Tahapan pelaksanaan PTK - 📖 Baca
- Konsep penelitian tindakan kelas - 📖 Baca
- Manfaat pelaksanaan PTK - 📖 Baca
- Penyusunan Laporan PTK - 📖 Baca
Tips:
- Pahami konsep dan teori sosiologi dengan baik.
- Latih kemampuan untuk menganalisis masalah sosial dengan menggunakan teori sosiologi.
- Kembangkan kemampuan untuk menerapkan sosiologi dalam konteks pendidikan agama Islam.
- Lakukan latihan soal sebanyak mungkin.
Perlu diingat bahwa contoh soal di atas tidak mewakili semua soal yang akan muncul dalam USKA PPG Daljab Kemenag 2024. Soal yang sebenarnya mungkin berbeda dalam hal format, tingkat kesulitan, dan cakupan materi.
Sumber informasi resmi mengenai USKA PPG Daljab Kemenag 2024 dapat diakses melalui situs web resmi Kemenag.
Semoga informasi ini bermanfaat!