Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Contoh Soal Tata Busana USKA PPG Daljab Kemenag 2024 ( Kunci Jawaban dan Pembahasannya)

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Tata Busana

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Tata Busana

Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Tata Busana dirancang untuk menguji pengetahuan dan keterampilan calon guru dalam bidang desain dan pembuatan busana. Berikut beberapa poin penting tentang soal-soal tersebut:

Tipe Soal:

  • Pilihan Ganda
  • Benar/Salah
  • Uraian

Materi Soal:

Desain Busana:

  • Prinsip desain
  • Elemen desain
  • Estetika busana
  • Jenis-jenis busana
  • Teknik menggambar desain

Pembuatan Busana:

  • Pengetahuan bahan tekstil
  • Teknik menjahit
  • Alat dan mesin jahit
  • Pola busana
  • Pembuatan busana (dari pemilihan bahan hingga finishing)

Pengetahuan Umum Tata Busana:

  • Sejarah busana
  • Budaya dan busana
  • Etika berbusana
  • Terminologi tata busana

📁CONTOH SOAL  TATA BUSANA USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁

LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
  1. Sikap nasionalisme - 📖 Baca
  2. Sikap patriotisme - 📖 Baca
  3. Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
  4. Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
  5. Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
  6. Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
  7. Sikap berwibawa - 📖 Baca
  8. Sikap tegas - 📖 Baca
  9. Sikap disiplin - 📖 Baca
  10. Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
  11. Sikap samapta - 📖 Baca
  12. Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
  13. Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi)
  1. Teori Perkembangan Intelektual dan sosioemosional peserta didik
  2. Teori Gaya Belajar Perkembangan Teknologi abad 21 terkait pembelajaran Tata Busana 
  3. Strategi/model/ metode pembelajaran untuk kemampuan berpikir kritis dan kreatif
  4. strategi/model/metode untuk pengembangan sikap
  5. strategi/model/ metode untuk pengembangan keterampilan abad 21
  6. Pemetaan penilaian Asesmen Otentik
  7. Pemanfaatan hasil penilaian
CPBS 3 (Mampu menguasai teori dan aplikasi materi pelajaran Tata Busana )
  1. Proporsi tubuh 1:8 dan 1:9
  2. Kolase ide, looks dan style
  3. Ilustrasi mode berdasarkan tema
  4. Asal dan klasifikasi serat tekstil
  5. Karakteristik serat tekstil
  6. Konstruksi tenun pada bahan tekstil
  7. Perawatan tekstil
  8. Karakteristik pola dasar busana wanita
  9. Karakteristik pola dasar busana pria
  10. Analisis pola dasar busana anak
  11. Jenis-jenis ukuran sesuai pola busana wanita
  12. Tanda-Tanda Pola
  13. Jenis-jenis ukuran sesuai pola busana pria
  14. Jenis-jenis ukuran sesuai pola busana anak
  15. Pemindahan lipit pantas berdasarkan tempat (di sekeliling tepi pola)
  16. Pemindahan lipit pantas berdasarkan bentuk perubahannya (lipit, kerut, tuck, flounce)
  17. Prosedur pola busana one piece
  18. Prosedur pola busana two pieces
  19. Prosedur pola busana three pieces
  20. Pemasangan bodyline di paspop 
  21. Prosedur draping pola berbagai desain busana
  22. Kesehatan, keselamatan dan Keamanan Kerja
  23. Mengoperasikan mesin jahit manual dan industri
  24. Penyelesaian jahitan dengan mesin.
  25. Pecah pola sesuai desain
  26. Merancang bahan sesuai motif dan arah serat
  27. menghitung kebutuhan harga
  28. menghitung harga jual 
  29. Penentuan kebutuhan bahan pembuatan busana costum made
  30. Ukuran standar, Pola Grading,
  31. Rancangan pola, menggelar dan Menggunting bahan
  32. Ticket, label dan bundling
  33. Teknik menjahit dan teknik penyelesaian busana anak, gamis, kemeja dan celana secara industri
  34. Harga Jual
                                                                CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran Tata Busana dengan menerapkan prinsip inkuiri dalam Tata Busana)
                                                                1. Perumusan indikator dengan mempertimbangkan perkembangan peserta didik dan teknologi abad 21
                                                                2. Bahan ajar Sistem organ
                                                                3. RPP yang sesuai perkembangan teknologi abad 21
                                                                4. Media pembelajaran Tata Busana berbasis TIK yang mendukung inkuiri
                                                                5. Pembelajaran Tata Busana yang dikaitkan dengan K3
                                                                6. Media pembelajaran Tata Busana yang mendukung pengalaman peserta didik dari konkrit ke abstrak untuk pembelajaran berbasis inkuiri
                                                                7. materi tertentu (misal pembuatan pola kain jadi)
                                                                8. Pengembangan bahan ajar Tata Busana berbasis TIK yang mendukung inkuiri
                                                                9. Pengembangan media pembelajaran Tata Busana yang memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif
                                                                10. Pengembangan media pembelajaran Tata Busana yang memfasilitasi kemampuan komunikasi
                                                                CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran Tata Busana yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi)
                                                                1. Keterampilan dalam membuka pembelajaran
                                                                2. Keterampilan dalam kegiatan inti pembelajaran
                                                                3. Keterampilan dalam kegiatan penutup pembelajaran
                                                                4. Pelaksanaan pembalajaran yang sesuai dengan RPP
                                                                5. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan perencanaan
                                                                CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik)
                                                                1. Kontruksi instrumen asesmen proses
                                                                2. Konstruksi instrumen asesmen hasis belajar
                                                                CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru Tata Busana profesional )
                                                                1. Rumusan masalah pembelajaran untuk diimplementasikan dalam PTK
                                                                2. Rancangan PTK dalam pembelajaran Tata Busana dengan menerapkan TPACK inovatif
                                                                3. Implementasi PTK berdasarkan permasalahan real di sekolah
                                                                4. Pelaporan PTK sesuai dengan hasil penelitian
                                                                5. Diseminasi hasil PTK
                                                                6. Pemanfaan hasil PTK terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran

                                                                          Catatan:

                                                                          Soal-soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 dapat berbeda dari tahun ke tahun. Contoh soal di atas hanya sebagai gambaran umum tentang jenis dan materi soal yang diujikan.

                                                                          Semoga informasi ini bermanfaat!

                                                                          Posting Komentar

                                                                          Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
                                                                          Oops!
                                                                          It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
                                                                          AdBlock Detected!
                                                                          We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
                                                                          The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.