Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Tata Busana
Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Tata Busana dirancang untuk menguji pengetahuan dan keterampilan calon guru dalam bidang desain dan pembuatan busana. Berikut beberapa poin penting tentang soal-soal tersebut:Tipe Soal:
- Pilihan Ganda
- Benar/Salah
- Uraian
Materi Soal:
Desain Busana:
- Prinsip desain
- Elemen desain
- Estetika busana
- Jenis-jenis busana
- Teknik menggambar desain
Pembuatan Busana:
- Pengetahuan bahan tekstil
- Teknik menjahit
- Alat dan mesin jahit
- Pola busana
- Pembuatan busana (dari pemilihan bahan hingga finishing)
Pengetahuan Umum Tata Busana:
- Sejarah busana
- Budaya dan busana
- Etika berbusana
- Terminologi tata busana
📁CONTOH SOAL TATA BUSANA USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi)
- Teori Perkembangan Intelektual dan sosioemosional peserta didik
- Teori Gaya Belajar Perkembangan Teknologi abad 21 terkait pembelajaran Tata Busana
- Strategi/model/ metode pembelajaran untuk kemampuan berpikir kritis dan kreatif
- strategi/model/metode untuk pengembangan sikap
- strategi/model/ metode untuk pengembangan keterampilan abad 21
- Pemetaan penilaian Asesmen Otentik
- Pemanfaatan hasil penilaian
CPBS 3 (Mampu menguasai teori dan aplikasi materi pelajaran Tata Busana )
- Proporsi tubuh 1:8 dan 1:9
- Kolase ide, looks dan style
- Ilustrasi mode berdasarkan tema
- Asal dan klasifikasi serat tekstil
- Karakteristik serat tekstil
- Konstruksi tenun pada bahan tekstil
- Perawatan tekstil
- Karakteristik pola dasar busana wanita
- Karakteristik pola dasar busana pria
- Analisis pola dasar busana anak
- Jenis-jenis ukuran sesuai pola busana wanita
- Tanda-Tanda Pola
- Jenis-jenis ukuran sesuai pola busana pria
- Jenis-jenis ukuran sesuai pola busana anak
- Pemindahan lipit pantas berdasarkan tempat (di sekeliling tepi pola)
- Pemindahan lipit pantas berdasarkan bentuk perubahannya (lipit, kerut, tuck, flounce)
- Prosedur pola busana one piece
- Prosedur pola busana two pieces
- Prosedur pola busana three pieces
- Pemasangan bodyline di paspop
- Prosedur draping pola berbagai desain busana
- Kesehatan, keselamatan dan Keamanan Kerja
- Mengoperasikan mesin jahit manual dan industri
- Penyelesaian jahitan dengan mesin.
- Pecah pola sesuai desain
- Merancang bahan sesuai motif dan arah serat
- menghitung kebutuhan harga
- menghitung harga jual
- Penentuan kebutuhan bahan pembuatan busana costum made
- Ukuran standar, Pola Grading,
- Rancangan pola, menggelar dan Menggunting bahan
- Ticket, label dan bundling
- Teknik menjahit dan teknik penyelesaian busana anak, gamis, kemeja dan celana secara industri
- Harga Jual
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran Tata Busana dengan menerapkan prinsip inkuiri dalam Tata Busana)
- Perumusan indikator dengan mempertimbangkan perkembangan peserta didik dan teknologi abad 21
- Bahan ajar Sistem organ
- RPP yang sesuai perkembangan teknologi abad 21
- Media pembelajaran Tata Busana berbasis TIK yang mendukung inkuiri
- Pembelajaran Tata Busana yang dikaitkan dengan K3
- Media pembelajaran Tata Busana yang mendukung pengalaman peserta didik dari konkrit ke abstrak untuk pembelajaran berbasis inkuiri
- materi tertentu (misal pembuatan pola kain jadi)
- Pengembangan bahan ajar Tata Busana berbasis TIK yang mendukung inkuiri
- Pengembangan media pembelajaran Tata Busana yang memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif
- Pengembangan media pembelajaran Tata Busana yang memfasilitasi kemampuan komunikasi
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran Tata Busana yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi)
- Keterampilan dalam membuka pembelajaran
- Keterampilan dalam kegiatan inti pembelajaran
- Keterampilan dalam kegiatan penutup pembelajaran
- Pelaksanaan pembalajaran yang sesuai dengan RPP
- Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan perencanaan
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik)
- Kontruksi instrumen asesmen proses
- Konstruksi instrumen asesmen hasis belajar
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru Tata Busana profesional )
- Rumusan masalah pembelajaran untuk diimplementasikan dalam PTK
- Rancangan PTK dalam pembelajaran Tata Busana dengan menerapkan TPACK inovatif
- Implementasi PTK berdasarkan permasalahan real di sekolah
- Pelaporan PTK sesuai dengan hasil penelitian
- Diseminasi hasil PTK
- Pemanfaan hasil PTK terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran
Catatan:
Soal-soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 dapat berbeda dari tahun ke tahun. Contoh soal di atas hanya sebagai gambaran umum tentang jenis dan materi soal yang diujikan.Semoga informasi ini bermanfaat!