Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari beberapa materi pokok, antara lain:
Pemahaman Kebahasaan
- Memahami struktur dan fungsi bahasa
- Menganalisis teks
- Menentukan makna kata dan kalimat
Keterampilan Berbahasa
- Menulis teks dengan berbagai genre
- Menyunting teks
- Berbicara dengan efektif
Pengetahuan Sastra
- Memahami unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra
- Menganalisis karya sastra
- Menentukan nilai-nilai dalam karya sastra
📁CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran (kompetensi dasar) pada berbagai aras berpikir pada bidang studi bahasa Indonesia yang harus dimiliki peserta didik)
- Indikator Capaian Pembelajaran teks bahasa Indonesia berdasarkan analisis morfologi, sintaksis, semantik. - 📖 Baca
- Indikator Capaian Pembelajaran bahasa lisan dan bahasa tulis dalam berbagai konteks. - 📖 Baca
- Indikator Capaian Pembelajaran Pembelajaran bahasa Indonesia dalam berbagai macam genre, bahasa dalam konteks ilmiah, nonilmiah, dan karya sastra. - 📖 Baca
- Pengajaran teks nonfiksi - 📖 Baca
- Pengajaran prosa - 📖 Baca
- Pengajaran puisi - 📖 Baca
- Pengajaran drama - 📖 Baca
- Kemahiran berbahasa produktif. - 📖 Baca
- Genre teks bahasa Indonesia - 📖 Baca
CPBS 3 (Menguasai materi ajar teori dan aplikasi (a) kebahasan, (b) kesastraan, (c) kemampuan bernalar, (d) berliterasi (informasional, fungsional, dan etik), dan (e) kemahiran berbahasa dan bersastra)
- Analisis sumber belajar morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan pragmatik untuk pengembangan teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis cetak. - 📖 Baca
- Menggunakan sumber belajar morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan pragmatik untuk pengembangan teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis cetak. - 📖 Baca
- Analisis sumber belajar morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan pragmatik untuk pengembangan teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis digital. - 📖 Baca
- Sumber belajar morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan pragmatik untuk pengembangan teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis digital. - 📖 Baca
- Sumber belajar kesastraan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis cetak. - 📖 Baca
- Sumber belajar kesastraan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis digital. - 📖 Baca
- Relasi sumber belajar cetak dan digital dalam pembelajaran kebahasaan dan kesastraan. - 📖 Baca
- Pembelajaran kemahiran berbahasa reseptif (menyimak. membaca, memirsa) berbasis cetak dan digital, menggunakan berbagai pendekatan yang relevan - 📖 Baca
- Pembelajaran kemahiran berbahasa produktif (berbicara dan menulis) berbasis cetak dan digital, menggunakan berbagai pendekatan yang relevan - 📖 Baca
- Pembelajaran kesastraan berbasis cetak dan digital, menggunakan berbagai pendekatan yang relevan - 📖 Baca
- Media komunikasi modern untuk mengonstruk berbagai teks berdasarkan genre dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Media komunikasi modern untuk mengaktualisasi kemahiran berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran bahasa Indonesia )
- Kemampuan bernalar, berliterasi (informasional, fungsional, dan etik), kemahiran berbahasa, dan kemahiran bersastra - 📖 Baca
- Kemampuan berliterasi (informasional, fungsional, dan etik), kemahiran berbahasa, dan kemahiran bersastra Kemahiran berbahasa reseptif multimodal - 📖 Baca
- Konsep gaya belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. - 📖 Baca
- Konsep strategi belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. - 📖 Baca
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada bidang studi bahasa Indonesia dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi)
- Perumusan tujuan berdasarkan KI dan KD pembelajaran bahasa Indonesia. - 📖 Baca
- Ragam media pembelajaran bahasa Indonesia. - 📖 Baca
- Pengembangan alat evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yang relevan. - 📖 Baca
- Bahan ajar cetak pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Bahan ajar digital pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Media pembelajaran cetak dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Media pembelajaran digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Instrumen penilaian tes dan nontes dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Lembar Kerja Siswa untuk kegiatan produktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Analisis kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menentukan alat evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia)
- Identifikasi lingkungan pembelajaran dan karakteristik peserta didik melalui kegiatan PTK - 📖 Baca
- Rancangan dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia disertai dengan aktualisasi karakter. - 📖 Baca
- Perbaikan kinerja pembelajaran melalui kegiatan PTK. - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan)
- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai upaya pengembangan diri dan pendukung plaksankan tugas keprofesian. - 📖 Baca
Tips:
- Pahami materi pokok yang diujikan.
- Latih soal-soal latihan dari berbagai sumber.
- Kelola waktu dengan baik saat mengerjakan soal.
- Periksa kembali jawaban sebelum dikumpulkan.
Semoga bermanfaat!