Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Contoh Soal Bahasa Indonesia USKA PPG Daljab Kemenag 2024 ( Kunci Jawaban dan Pembahasannya)

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari beberapa materi pokok, antara lain:

Pemahaman Kebahasaan

  • Memahami struktur dan fungsi bahasa
  • Menganalisis teks
  • Menentukan makna kata dan kalimat

Keterampilan Berbahasa

  • Menulis teks dengan berbagai genre
  • Menyunting teks
  • Berbicara dengan efektif

Pengetahuan Sastra

  • Memahami unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra
  • Menganalisis karya sastra
  • Menentukan nilai-nilai dalam karya sastra

📁CONTOH SOAL  BAHASA INDONESIA USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
  1. Sikap nasionalisme - 📖 Baca
  2. Sikap patriotisme - 📖 Baca
  3. Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
  4. Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
  5. Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
  6. Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
  7. Sikap berwibawa - 📖 Baca
  8. Sikap tegas - 📖 Baca
  9. Sikap disiplin - 📖 Baca
  10. Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
  11. Sikap samapta - 📖 Baca
  12. Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
  13. Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran (kompetensi dasar) pada berbagai aras berpikir pada bidang studi bahasa Indonesia yang harus dimiliki peserta didik)
  1. Indikator Capaian Pembelajaran teks bahasa Indonesia berdasarkan analisis morfologi, sintaksis, semantik. - 📖 Baca
  2. Indikator Capaian Pembelajaran bahasa lisan dan bahasa tulis dalam berbagai konteks. - 📖 Baca
  3. Indikator Capaian Pembelajaran Pembelajaran bahasa Indonesia dalam berbagai macam genre, bahasa dalam konteks ilmiah, nonilmiah, dan karya sastra. - 📖 Baca
  4. Pengajaran teks nonfiksi - 📖 Baca
  5. Pengajaran prosa - 📖 Baca
  6. Pengajaran puisi - 📖 Baca
  7. Pengajaran drama - 📖 Baca
  8. Kemahiran berbahasa produktif. - 📖 Baca
  9. Genre teks bahasa Indonesia - 📖 Baca
CPBS 3 (Menguasai materi ajar teori dan aplikasi (a) kebahasan, (b) kesastraan, (c) kemampuan bernalar, (d) berliterasi (informasional, fungsional, dan etik), dan (e) kemahiran berbahasa dan bersastra)
  1. Analisis sumber belajar morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan pragmatik untuk pengembangan teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis cetak. - 📖 Baca
  2. Menggunakan sumber belajar morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan pragmatik untuk pengembangan teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis cetak. - 📖 Baca
  3. Analisis sumber belajar morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan pragmatik untuk pengembangan teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis digital. - 📖 Baca
  4. Sumber belajar morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan pragmatik untuk pengembangan teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis digital. - 📖 Baca
  5. Sumber belajar kesastraan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis cetak. - 📖 Baca
  6. Sumber belajar kesastraan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis digital. - 📖 Baca
  7. Relasi sumber belajar cetak dan digital dalam pembelajaran kebahasaan dan kesastraan. - 📖 Baca
  8. Pembelajaran kemahiran berbahasa reseptif (menyimak. membaca, memirsa) berbasis cetak dan digital, menggunakan berbagai pendekatan yang relevan - 📖 Baca
  9. Pembelajaran kemahiran berbahasa produktif (berbicara dan menulis) berbasis cetak dan digital, menggunakan berbagai pendekatan yang relevan - 📖 Baca
  10. Pembelajaran kesastraan berbasis cetak dan digital, menggunakan berbagai pendekatan yang relevan - 📖 Baca
  11. Media komunikasi modern untuk mengonstruk berbagai teks berdasarkan genre dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
  12. Media komunikasi modern untuk mengaktualisasi kemahiran berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
                      CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran bahasa Indonesia )
                      1. Kemampuan bernalar, berliterasi (informasional, fungsional, dan etik), kemahiran berbahasa, dan kemahiran bersastra - 📖 Baca
                      2. Kemampuan berliterasi (informasional, fungsional, dan etik), kemahiran berbahasa, dan kemahiran bersastra Kemahiran berbahasa reseptif multimodal  - 📖 Baca
                      3. Konsep gaya belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia.  - 📖 Baca
                      4. Konsep strategi belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia.  - 📖 Baca
                      CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada bidang studi bahasa Indonesia dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi)
                      1. Perumusan tujuan berdasarkan KI dan KD pembelajaran bahasa Indonesia. - 📖 Baca
                      2. Ragam media pembelajaran bahasa Indonesia. - 📖 Baca
                      3. Pengembangan alat evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yang relevan. - 📖 Baca
                      4. Bahan ajar cetak pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
                      5. Bahan ajar digital pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
                      6. Media pembelajaran cetak dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
                      7. Media pembelajaran digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
                      8. Instrumen penilaian tes dan nontes dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
                      9. Lembar Kerja Siswa untuk kegiatan produktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia - 📖 Baca
                      10. Analisis kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menentukan alat evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. - 📖 Baca
                      CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia)
                      1. Identifikasi lingkungan pembelajaran dan karakteristik peserta didik melalui kegiatan PTK - 📖 Baca
                      2. Rancangan dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia disertai dengan aktualisasi karakter. - 📖 Baca
                      3. Perbaikan kinerja pembelajaran melalui kegiatan PTK. - 📖 Baca
                      CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan)
                      1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai upaya pengembangan diri dan pendukung plaksankan tugas keprofesian. - 📖 Baca

                      Tips:

                      • Pahami materi pokok yang diujikan.
                      • Latih soal-soal latihan dari berbagai sumber.
                      • Kelola waktu dengan baik saat mengerjakan soal.
                      • Periksa kembali jawaban sebelum dikumpulkan.
                      Semoga bermanfaat!

                      إرسال تعليق

                      Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
                      Oops!
                      It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
                      AdBlock Detected!
                      We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
                      The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.