Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran PJOK
USKA PPG Daljab Kemenag 2024 merupakan Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kementerian Agama tahun 2024. Ujian ini diikuti oleh guru-guru madrasah yang ingin meningkatkan kualifikasinya.
Mata Pelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam USKA PPG Daljab Kemenag 2024.
📁CONTOH SOAL USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYACPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi pada bidang pendidikan jasmani )- konsep dasar, rasional dan landasan ilmu pendidikan - 📖 Baca
- Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional - 📖 Baca
- Menerapkan Teori belajar dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Pendidikan di Indonesia - 📖 Baca
- Karakteristik pembelajaran abad 21 - 📖 Baca
- Profil dan kompetensi guru abad 21 - 📖 Baca
- Tugas pokok dan fungsi guru abad 21 - 📖 Baca
- Strategi pengembangan keprofesian berkelanjutan - 📖 Baca
- Pembelajaran STEAM - 📖 Baca
- Pembelajaran berbasis Neurosain - 📖 Baca
- Pembelajaran digital - 📖 Baca
- Model pembelajaran "blended learning" - 📖 Baca
CPBS 3 (Menguasai teori dan aplikasi materi bidang studi pendidikan jasmani )- Pertumbuhan peserta didik - 📖 Baca
- Perkembangan peserta didik - 📖 Baca
CPBS 4 (Menguasai teori dan aplikasi materi bidang studi pendidikan jasmani)- Perkembangan peserta didik - 📖 Baca
- Teori belajar - 📖 Baca
- Media dan alat bantu pembelajaran dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Sarana dan prasarana dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Pemanfaatan IPTEK dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Model dan pengembangan alat dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Persyaratan guru pendidikan jasmani yang profesional - 📖 Baca
- kemampuan guru dalam manajemen pengelolaan kelas dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- kualifikasi guru pendidikan jasmani yang profesional - 📖 Baca
- kompetensi guru pendidikan jasmani yang profesional - 📖 Baca
- Profesi guru dalam pandangan yuridis dan akademik, strategi pengembangan dan merubah paradigma profesi guru pendidikan asmani - 📖 Baca
- Regulasi kebijakan nasional mengenai guru sebagai jabatan profesional - 📖 Baca
- Sanksi pelanggaran kode etik guru Regulasi dalam bidang keolahragaan - 📖 Baca
CPBS 5 (Kompetensi Profesionalisme)- Konsepsi dan falsafah pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip Olympic Movement dalam Pendidikan Jasmani - 📖 Baca
- Budaya gerak dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Konsep investasi jangka panjang dalam upaya pembinaan mutu sumber daya manusia melalui pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Konsep dan prinsip gerak dasar/fundamental (lokomotor, non lokomotor, manipulasi) dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas permainan bola besar dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas permainan bola kecil dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas Permainan taktikal (TGFU) dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas atletik melalui gerak lari dan jalan dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas atletik melalui gerak lempar dan lompat dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas kebugaran jasmani yang berkaitan dengan keterampilan dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas seni beladiri dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas senam lantai dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas gerak berirama (ritmik) dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas air/renang dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas pengenalan aktvitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain - 📖 Baca
- Konsep dasar pendidikan kesehatan, khususnya penanganan cidera ringan dalam aktivitas fisik dan pertolongannya dalam pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Konsep dasar pendidikan kesehatan, khususnya kebersihan, alat produksi, bahaya merokok, kebutuhan istirahat dan engisi waktu luang dengan aktivitas yang bermanfaat dalam pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Konsep dasar pendidikan kesehatan, khususnya penyakit dan seks bebas, narkotika, serta cara menghindarkan diri dari bahaya narkotika, psikotropika, dan zat aditif terhadap tubuh dalam pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Konsep dasar pendidikan kesehatan, khususnya makan makanan bergizi, peran dan fungsi aktivitas fisik, serta makanan bergizi dalam mengontrol berat badan dan pencegahan penyakit dalam pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Prinsip anatomi dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip fisiologi dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip fisiologi olahraga dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip perkembangan gerak dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip belajar gerak dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip kinesiologi olahraga dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip biomekanika dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip psikologi olahraga dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip sosiologi olahraga dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip pendidikan jasmani adaptif dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip pendidikan inklusi dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip pendidikan luar kelas dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip managemen keolahragaan dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu merancang pembelajaran pendidikan jasmani)- Telaah ruang lingkup kurikulum untuk pemilihan bahan ajar dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Telaah kompetensi dasar kurikulum untuk pemilihan materi ajar dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Prinsip penyusunan silabus dalam pendidikan jasmani berbasis ICT, dan penerapan TPACK - 📖 Baca
- Prinsip penyusunan RPP dalam pendidikan jasmani berbasis ICT, dan penerapan TPACK - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu merancang pembelajaran pendidikan jasmani)- Pengembangan bahan ajar, media pembelajaran, dan penilaian dalam perangkat pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Pengembangan metode, strategi, pendekatan, dan model pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
CPBS 8 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada bidang pendidikan jasmani)- Manajemen pelaksanaan intrakurikuler dan kokurikuler di sekolah - 📖 Baca
- Pembinaan ekstrakurikuler di sekolah - 📖 Baca
- Prinsip pemanduan bakat olahraga dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Media sebagai sumber belajar pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Dasar pemilihan dan penggunaan media sumber belajar Media pembelajaran pendidikan jasmani berbasis ICT - 📖 Baca
- Dampak positif dan negatif teknologi informasi dan komunikasi - 📖 Baca
- Jenis sumber belajar pendidikan jasmani berbasis TIK - 📖 Baca
- Sistem pendidikan ELearning Pembelajaran pendidikan jasmani berbasis komputer - 📖 Baca
CPBS 9 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran pendidikan jasmani )- Instrumen tes dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Pengukuran dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Kriteria pemilihan instrumen tes dan pengukuran dalam - 📖 Baca
- pendidikan jasmani Penilaian dalam - 📖 Baca
- pendidikan jasmani Evaluasi dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Kriteria penilaian dan evaluasi dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan - 📖 Baca
- Evaluasi pembelajaran berbasis penilaian otentik - 📖 Baca
- Program remidial dalam pendidikan jasmaniProgram pengayaan dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
CPBS 10 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru pendidikan jasmani )- Permasalahan pembelajaran pendidikan jasmani dalam PTK - 📖 Baca
- Tahap perencanaan dalam PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Tahap tindakan dalam PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Tahap observasi dalam PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Tahap refleksi dalam PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Prinsip evaluasi dalam PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Laporan proses dan hasil PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- persyaratan guru pendidikan jasmani yang profesional - 📖 Baca
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi pada bidang pendidikan jasmani )
- konsep dasar, rasional dan landasan ilmu pendidikan - 📖 Baca
- Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional - 📖 Baca
- Menerapkan Teori belajar dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Pendidikan di Indonesia - 📖 Baca
- Karakteristik pembelajaran abad 21 - 📖 Baca
- Profil dan kompetensi guru abad 21 - 📖 Baca
- Tugas pokok dan fungsi guru abad 21 - 📖 Baca
- Strategi pengembangan keprofesian berkelanjutan - 📖 Baca
- Pembelajaran STEAM - 📖 Baca
- Pembelajaran berbasis Neurosain - 📖 Baca
- Pembelajaran digital - 📖 Baca
- Model pembelajaran "blended learning" - 📖 Baca
CPBS 3 (Menguasai teori dan aplikasi materi bidang studi pendidikan jasmani )
- Pertumbuhan peserta didik - 📖 Baca
- Perkembangan peserta didik - 📖 Baca
CPBS 4 (Menguasai teori dan aplikasi materi bidang studi pendidikan jasmani)
- Perkembangan peserta didik - 📖 Baca
- Teori belajar - 📖 Baca
- Media dan alat bantu pembelajaran dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Sarana dan prasarana dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Pemanfaatan IPTEK dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Model dan pengembangan alat dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Persyaratan guru pendidikan jasmani yang profesional - 📖 Baca
- kemampuan guru dalam manajemen pengelolaan kelas dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- kualifikasi guru pendidikan jasmani yang profesional - 📖 Baca
- kompetensi guru pendidikan jasmani yang profesional - 📖 Baca
- Profesi guru dalam pandangan yuridis dan akademik, strategi pengembangan dan merubah paradigma profesi guru pendidikan asmani - 📖 Baca
- Regulasi kebijakan nasional mengenai guru sebagai jabatan profesional - 📖 Baca
- Sanksi pelanggaran kode etik guru Regulasi dalam bidang keolahragaan - 📖 Baca
CPBS 5 (Kompetensi Profesionalisme)
- Konsepsi dan falsafah pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip Olympic Movement dalam Pendidikan Jasmani - 📖 Baca
- Budaya gerak dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Konsep investasi jangka panjang dalam upaya pembinaan mutu sumber daya manusia melalui pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Konsep dan prinsip gerak dasar/fundamental (lokomotor, non lokomotor, manipulasi) dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas permainan bola besar dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas permainan bola kecil dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas Permainan taktikal (TGFU) dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas atletik melalui gerak lari dan jalan dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas atletik melalui gerak lempar dan lompat dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas kebugaran jasmani yang berkaitan dengan keterampilan dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas seni beladiri dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas senam lantai dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas gerak berirama (ritmik) dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas air/renang dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Aktivitas pengenalan aktvitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain - 📖 Baca
- Konsep dasar pendidikan kesehatan, khususnya penanganan cidera ringan dalam aktivitas fisik dan pertolongannya dalam pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Konsep dasar pendidikan kesehatan, khususnya kebersihan, alat produksi, bahaya merokok, kebutuhan istirahat dan engisi waktu luang dengan aktivitas yang bermanfaat dalam pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Konsep dasar pendidikan kesehatan, khususnya penyakit dan seks bebas, narkotika, serta cara menghindarkan diri dari bahaya narkotika, psikotropika, dan zat aditif terhadap tubuh dalam pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Konsep dasar pendidikan kesehatan, khususnya makan makanan bergizi, peran dan fungsi aktivitas fisik, serta makanan bergizi dalam mengontrol berat badan dan pencegahan penyakit dalam pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Prinsip anatomi dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip fisiologi dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip fisiologi olahraga dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip perkembangan gerak dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip belajar gerak dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip kinesiologi olahraga dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip biomekanika dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip psikologi olahraga dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip sosiologi olahraga dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip pendidikan jasmani adaptif dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip pendidikan inklusi dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip pendidikan luar kelas dalam pendidikan jasmani. - 📖 Baca
- Prinsip managemen keolahragaan dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu merancang pembelajaran pendidikan jasmani)
- Telaah ruang lingkup kurikulum untuk pemilihan bahan ajar dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Telaah kompetensi dasar kurikulum untuk pemilihan materi ajar dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Prinsip penyusunan silabus dalam pendidikan jasmani berbasis ICT, dan penerapan TPACK - 📖 Baca
- Prinsip penyusunan RPP dalam pendidikan jasmani berbasis ICT, dan penerapan TPACK - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu merancang pembelajaran pendidikan jasmani)
- Pengembangan bahan ajar, media pembelajaran, dan penilaian dalam perangkat pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Pengembangan metode, strategi, pendekatan, dan model pembelajaran pendidikan jasmani - 📖 Baca
CPBS 8 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada bidang pendidikan jasmani)
- Manajemen pelaksanaan intrakurikuler dan kokurikuler di sekolah - 📖 Baca
- Pembinaan ekstrakurikuler di sekolah - 📖 Baca
- Prinsip pemanduan bakat olahraga dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Media sebagai sumber belajar pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Dasar pemilihan dan penggunaan media sumber belajar Media pembelajaran pendidikan jasmani berbasis ICT - 📖 Baca
- Dampak positif dan negatif teknologi informasi dan komunikasi - 📖 Baca
- Jenis sumber belajar pendidikan jasmani berbasis TIK - 📖 Baca
- Sistem pendidikan ELearning Pembelajaran pendidikan jasmani berbasis komputer - 📖 Baca
CPBS 9 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran pendidikan jasmani )
- Instrumen tes dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Pengukuran dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Kriteria pemilihan instrumen tes dan pengukuran dalam - 📖 Baca
- pendidikan jasmani Penilaian dalam - 📖 Baca
- pendidikan jasmani Evaluasi dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Kriteria penilaian dan evaluasi dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan - 📖 Baca
- Evaluasi pembelajaran berbasis penilaian otentik - 📖 Baca
- Program remidial dalam pendidikan jasmaniProgram pengayaan dalam pendidikan jasmani - 📖 Baca
CPBS 10 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru pendidikan jasmani )
- Permasalahan pembelajaran pendidikan jasmani dalam PTK - 📖 Baca
- Tahap perencanaan dalam PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Tahap tindakan dalam PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Tahap observasi dalam PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Tahap refleksi dalam PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Prinsip evaluasi dalam PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- Laporan proses dan hasil PTK pendidikan jasmani - 📖 Baca
- persyaratan guru pendidikan jasmani yang profesional - 📖 Baca
Tips untuk mengerjakan soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran PJOK:
- Pahami konsep dan prinsip dasar PJOK
- Latih soal-soal latihan USKA PPG Daljab tahun sebelumnya
- Kelola waktu dengan baik saat mengerjakan soal
- Jawablah soal dengan teliti dan cermat
Dengan persiapan yang matang, diharapkan Anda dapat meraih hasil yang maksimal dalam USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran PJOK.
Catatan:
- Contoh soal di atas hanya gambaran umum, soal yang diujikan dalam USKA PPG Daljab Kemenag 2024 bisa berbeda.
- Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan akurat, silakan merujuk pada buku panduan USKA PPG Daljab Kemenag 2024.