Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - SKI dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman calon guru madrasah dalam bidang Sejarah Kebudayaan Islam. Soal-soal ini disusun berdasarkan kisi-kisi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.
Tipe Soal:
- Pilihan Ganda: Peserta didik dihadapkan dengan beberapa pilihan jawaban untuk satu pertanyaan.
- Uraian: Peserta didik diminta untuk menjelaskan atau menguraikan jawabannya dengan detail.
Materi Soal:Sejarah Islam:
- Meliputi sejarah Nabi Muhammad SAW, para sahabat, masa Khulafaur Rasyidin, Umayyah, Abbasiyah, dan periode Islam di Indonesia.
- Kebudayaan Islam: Meliputi seni arsitektur, seni kaligrafi, seni musik, dan tradisi Islam di Indonesia.
- Akhlak: Meliputi nilai-nilai moral dan etika dalam Islam.
📁CONTOH SOAL USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
PART 1 (13 Topik Bahasan)
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Menguasai pola pikir dan struktur keilmuan serta materi ajar Sejarah dan Kebudayaan Islam )
- Geografi jazirah Arab pra Islam - 📖 Baca
- Peradaban bangsa Arab pra Islam - 📖 Baca
- Muhammad sebelum kerasulan - 📖 Baca
- Kondisi sosio-kultural masyarakat Madinah pra hijrahnya Nabi - 📖 Baca
- Hijrah Nabi ke Yatsrib (madinah) - 📖 Baca
- Pluralisme masyarakat Madinah - 📖 Baca
- Kebutuhan kontrak sosial di Madinah - 📖 Baca
- Isi Piagam Madinah - 📖 Baca
- Profil Abu Bakar - 📖 Baca
- Sistem pemerintahan masa kepemimpinan Abu Bakar - 📖 Baca
- Profil Umar bin Khattab - 📖 Baca
- Sistem pemerintahan masa kepemimpinan Umar bin Khattab - 📖 Baca
- Perkembangan ilmu pengetahuan masa kepemimpinan Umar bin Khtattab - 📖 Baca
- Strategi dakwah Utsman bin Affan - 📖 Baca
- Strategi dakwah Ali bin Abi Thalib - 📖 Baca
- Perkembangan ilmu pengetahuan masa kepemimpinan Ali bin Abi Thalib - 📖 Baca
- Proses berdirinya dinasti Umayyah di Damaskus - 📖 Baca
- Faktor-faktor penyebab runtuhnya kekhalifahan Bani Umayyah di Damaskus - 📖 Baca
- Sistem pemerintahan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah - 📖 Baca
- Perkembangan ilmu pengetahuan dan tokoh-tokohnya pada masa Dinasti Abbasiah - 📖 Baca
- Kontekstualisasi nilai-nilai moderasi beragama pada materi peradaban Islam pada masa dinasti Abbasiyah - 📖 Baca
- Proses berdirinya kekhalifahan Bani Umayyah di Andalusia - 📖 Baca
- Sistem pemerintahan Islam pada masa dinasti Umayyah di Andalusia - 📖 Baca
- Perkembangan pemikiran dan tokoh tokohnya pada masa dinasti Umayyah di Andalusia - 📖 Baca
- Faktor-faktor penyebab runtuhnya dinasti Umayyah di Andalusia - 📖 Baca
- Sistem pemerintahan Islam pada masa kekhalifahan Dinasti Ayyubiyah - 📖 Baca
- Faktor-faktor penyebab runtuhnya Dinasti Ayyubiyah - 📖 Baca
- Teori masuknya Islam di Nusantara - 📖 Baca
- Strategi dakwah Wali Songo dan perkembangan Islam di Nusantara - 📖 Baca
- Bentuk-bentuk tradisi Islam Nusantara - 📖 Baca
- Nilai-nilai tradisi Umat Islam di Indonesia - 📖 Baca
- Pemikiran tokoh-tokoh Islam Indonesia era modern-kontemporer - 📖 Baca
- Semangat perjuangan Tokoh-tokoh Islam Indonesia era modern kontemporer - 📖 Baca
- Sejarah masuknya Islam di Asia Tenggara - 📖 Baca
- Perkembangan Islam di Singapura - 📖 Baca
- Sejarah masuknya Islam di Afrika - 📖 Baca
- Tokoh-tokoh ilmu pengetahuan Islam di Afrika - 📖 Baca
- Sejarah masuknya Islam di Amerika - 📖 Baca
- Tokoh-tokoh ilmu pengetahuan Islam di Amerika - 📖 Baca
- Sejarah masuknya Islam di Eropa - 📖 Baca
- Tokoh-tokoh ilmu pengetahuan Islam di Eropa - 📖 Baca
- Sejarah masuknya Islam di Australia - 📖 Baca
- Tokoh-tokoh ilmu pengetahuan Islam di Australia - 📖 Baca
- Mata pelajaran SKI dalam kurikulum madrasah 1994 - 📖 Baca
- Mata pelajaran SKI dalam kurikulum 2022 (kurikulum merdeka) - 📖 Baca
- Pentingnya pembelajaran sejarah kebudayaan Islam - 📖 Baca
- Problematika pengajaran sejarah kebudayaan Islam - 📖 Baca
- Kritik terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam - 📖 Baca
- Pengertian sejarah kebudayaan Islam dalam kurikulum merdeka madrasah - 📖 Baca
- Pengembangan materi sejarah kebudayaan Islam - 📖 Baca
CPBS 3 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi )
- Analisis KI, KD berdasarkan kurikulum 2013 dan K13 yang revisi - 📖 Baca
- Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 yang revisi yang bermuatan 4C - 📖 Baca
- Teori perkembangan intelektual peserta didik - 📖 Baca
- Teori perkembangan moral peserta didik - 📖 Baca
- Teori perkembangan emosional peserta didik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar behavioristik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar kognitif - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar konstruktivistik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar humanistik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar sosial - 📖 Baca
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan materi ajar, pedagogik, dan teknologi informasi dan komunikasi )
- Penyusunan IPK yang berorientasi abad 21 - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pembelajaran untuk mencapai profil pelajar pancasila - 📖 Baca
- Definisi generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Karakteristik generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Strategi pembelajaran generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Karakteristik guru di abad 21 - 📖 Baca
- Karakteristik perkembangan peserta didik berdasarkan perkembangan fisik - 📖 Baca
- Karakteristik kurikulum 2013 - 📖 Baca
- Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Langkah-langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013 - 📖 Baca
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, bermakna dan transformatif dengan menerapkan ragam model, pendekatan dan metode pembelajaran dengan ditopang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (teknologi digital) dan dengan sumber belajar yang didukung hasil penelitian)
- Prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Tahapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
- Keterkaitan antara pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Menata kelas pembelajaran aktif dan dinamis - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
- Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi, sosial, dan spiritual peserta didik - 📖 Baca
- Konsep asesmen survey lingkungan - 📖 Baca
- Konsep asesmen survey karakter - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa didik)
- Konsep dasar pengukuran dan asesmen - 📖 Baca
- Tujuan evaluasi pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Jenis-jenis asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Penilaian acuan patokan (criterion reference ) dan penilaian acuan normatif (norm reference ) - 📖 Baca
- Analisis butir soal - 📖 Baca
- Pengolahan hasil tes - 📖 Baca
- Pengolahan penilaian unjuk kerja - 📖 Baca
- Pengertian AKM, tujuan AKM, komponen AKM, laporan hasil AKM dan pemanfaatan hasil AKM - 📖 Baca
- Standar kualifikasi guru - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional bidang Akidah Akhlak)
- Kompetensi guru dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pengembangan keprofesian berkelanjutan guru - 📖 Baca
- Model pengembangan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Nilai moderasi beragama guru profesional - 📖 Baca
- Karakter moderasi beragama - 📖 Baca
- Model strategi peningkatan profesionalitas guru - 📖 Baca
- Kompetensi guru dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Refleksi diri dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Etos kerja dan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Kode etik guru Indonesia - 📖 Baca
Tips Mengerjakan Soal:
- Pahami kisi-kisi soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024.
- Pelajari materi SKI dengan seksama.
- Lakukan latihan soal secara rutin.
- Pahami instruksi soal dengan baik.
- Jawablah soal dengan teliti dan sistematis.