Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Contoh Soal SKI USKA PPG Daljab Kemenag 2024 ( Kunci Jawaban dan Pembahasannya)

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)


Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - SKI dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman calon guru madrasah dalam bidang Sejarah Kebudayaan Islam. Soal-soal ini disusun berdasarkan kisi-kisi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Tipe Soal:

  • Pilihan Ganda: Peserta didik dihadapkan dengan beberapa pilihan jawaban untuk satu pertanyaan.
  • Uraian: Peserta didik diminta untuk menjelaskan atau menguraikan jawabannya dengan detail.

Materi Soal:Sejarah Islam: 

  • Meliputi sejarah Nabi Muhammad SAW, para sahabat, masa Khulafaur Rasyidin, Umayyah, Abbasiyah, dan periode Islam di Indonesia.
  • Kebudayaan Islam: Meliputi seni arsitektur, seni kaligrafi, seni musik, dan tradisi Islam di Indonesia.
  • Akhlak: Meliputi nilai-nilai moral dan etika dalam Islam.

📁CONTOH SOAL  USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁

LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
PART 1 (13 Topik Bahasan)
  1. Sikap nasionalisme - 📖 Baca
  2. Sikap patriotisme - 📖 Baca
  3. Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
  4. Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
  5. Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
  6. Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
  7. Sikap berwibawa - 📖 Baca
  8. Sikap tegas - 📖 Baca
  9. Sikap disiplin - 📖 Baca
  10. Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
  11. Sikap samapta - 📖 Baca
  12. Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
  13. Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Menguasai pola pikir dan struktur keilmuan serta materi ajar Sejarah dan Kebudayaan Islam )
  1. Geografi jazirah Arab pra Islam  - 📖 Baca
  2. Peradaban bangsa Arab pra Islam  - 📖 Baca
  3. Muhammad sebelum kerasulan  - 📖 Baca
  4. Kondisi sosio-kultural masyarakat Madinah pra hijrahnya Nabi  - 📖 Baca
  5. Hijrah Nabi ke Yatsrib (madinah)  - 📖 Baca
  6. Pluralisme masyarakat Madinah  - 📖 Baca
  7. Kebutuhan kontrak sosial di Madinah  - 📖 Baca
  8. Isi Piagam Madinah  - 📖 Baca
  9. Profil Abu Bakar  - 📖 Baca
  10. Sistem pemerintahan masa kepemimpinan Abu Bakar  - 📖 Baca
  11. Profil Umar bin Khattab  - 📖 Baca
  12. Sistem pemerintahan masa kepemimpinan Umar bin Khattab  - 📖 Baca
  13. Perkembangan ilmu pengetahuan masa kepemimpinan Umar bin Khtattab  - 📖 Baca
  14. Strategi dakwah Utsman bin Affan  - 📖 Baca
  15. Strategi dakwah Ali bin Abi Thalib   - 📖 Baca
  16. Perkembangan ilmu pengetahuan masa kepemimpinan Ali bin Abi Thalib  - 📖 Baca
  17. Proses berdirinya dinasti Umayyah di Damaskus  - 📖 Baca
  18. Faktor-faktor penyebab runtuhnya kekhalifahan Bani Umayyah di Damaskus  - 📖 Baca
  19. Sistem pemerintahan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah  - 📖 Baca
  20. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tokoh-tokohnya pada masa Dinasti Abbasiah  - 📖 Baca
  21. Kontekstualisasi nilai-nilai moderasi beragama pada materi peradaban Islam pada masa dinasti Abbasiyah  - 📖 Baca
  22. Proses berdirinya kekhalifahan Bani Umayyah di Andalusia  - 📖 Baca
  23. Sistem pemerintahan Islam pada masa dinasti Umayyah di Andalusia  - 📖 Baca
  24. Perkembangan pemikiran dan tokoh tokohnya pada masa dinasti Umayyah di Andalusia  - 📖 Baca
  25. Faktor-faktor penyebab runtuhnya dinasti Umayyah di Andalusia  - 📖 Baca
  26. Sistem pemerintahan Islam pada masa kekhalifahan Dinasti Ayyubiyah  - 📖 Baca
  27. Faktor-faktor penyebab runtuhnya Dinasti Ayyubiyah  - 📖 Baca
  28. Teori masuknya Islam di Nusantara  - 📖 Baca
  29. Strategi dakwah Wali Songo dan perkembangan Islam di Nusantara  - 📖 Baca
  30. Bentuk-bentuk tradisi Islam Nusantara  - 📖 Baca
  31. Nilai-nilai tradisi Umat Islam di Indonesia  - 📖 Baca
  32. Pemikiran tokoh-tokoh Islam Indonesia era modern-kontemporer  - 📖 Baca
  33. Semangat perjuangan Tokoh-tokoh Islam Indonesia era modern kontemporer  - 📖 Baca
  34. Sejarah masuknya Islam di Asia Tenggara  - 📖 Baca
  35. Perkembangan Islam di Singapura  - 📖 Baca
  36. Sejarah masuknya Islam di Afrika  - 📖 Baca
  37. Tokoh-tokoh ilmu pengetahuan Islam di Afrika  - 📖 Baca
  38. Sejarah masuknya Islam di Amerika  - 📖 Baca
  39. Tokoh-tokoh ilmu pengetahuan Islam di Amerika  - 📖 Baca
  40. Sejarah masuknya Islam di Eropa  - 📖 Baca
  41. Tokoh-tokoh ilmu pengetahuan Islam di Eropa  - 📖 Baca
  42. Sejarah masuknya Islam di Australia  - 📖 Baca
  43. Tokoh-tokoh ilmu pengetahuan Islam di Australia  - 📖 Baca
  44. Mata pelajaran SKI dalam kurikulum madrasah 1994  - 📖 Baca
  45. Mata pelajaran SKI dalam kurikulum 2022 (kurikulum merdeka)  - 📖 Baca
  46. Pentingnya pembelajaran sejarah kebudayaan Islam  - 📖 Baca
  47. Problematika pengajaran sejarah kebudayaan Islam  - 📖 Baca
  48. Kritik terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam  - 📖 Baca
  49. Pengertian sejarah kebudayaan Islam dalam kurikulum merdeka madrasah  - 📖 Baca
  50. Pengembangan materi sejarah kebudayaan Islam  - 📖 Baca
CPBS 3 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi )
  1. Analisis KI, KD berdasarkan kurikulum 2013 dan K13 yang revisi  - 📖 Baca
  2. Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 yang revisi yang bermuatan 4C  - 📖 Baca
  3. Teori perkembangan intelektual peserta didik  - 📖 Baca
  4. Teori perkembangan moral peserta didik  - 📖 Baca
  5. Teori perkembangan emosional peserta didik  - 📖 Baca
  6. Konsep dasar tentang teori belajar behavioristik  - 📖 Baca
  7. Konsep dasar tentang teori belajar kognitif  - 📖 Baca
  8. Konsep dasar tentang teori belajar konstruktivistik  - 📖 Baca
  9. Konsep dasar tentang teori belajar humanistik  - 📖 Baca
  10. Konsep dasar tentang teori belajar sosial  - 📖 Baca
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan materi ajar, pedagogik, dan teknologi informasi dan komunikasi )
  1. Penyusunan IPK yang berorientasi abad 21  - 📖 Baca
  2. Prinsip-prinsip pembelajaran untuk mencapai profil pelajar pancasila  - 📖 Baca
  3. Definisi generasi Z dan generasi Alpha   - 📖 Baca
  4. Karakteristik generasi Z dan generasi Alpha  - 📖 Baca
  5. Strategi pembelajaran generasi Z dan generasi Alpha  - 📖 Baca
  6. Karakteristik guru di abad 21  - 📖 Baca
  7. Karakteristik perkembangan peserta didik berdasarkan perkembangan fisik  - 📖 Baca
  8. Karakteristik kurikulum 2013  - 📖 Baca
  9. Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka  - 📖 Baca
  10. Langkah-langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013  - 📖 Baca
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, bermakna dan transformatif dengan menerapkan ragam model, pendekatan dan metode pembelajaran dengan ditopang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (teknologi digital) dan dengan sumber belajar yang didukung hasil penelitian)
  1. Prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
  2. Tahapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik - 📖 Baca
  3. Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
  4. Keterkaitan antara pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka - 📖 Baca
  5. Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan kurikulum merdeka - 📖 Baca
  6. Menata kelas pembelajaran aktif dan dinamis - 📖 Baca
  7. Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
  8. Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi, sosial, dan spiritual peserta didik - 📖 Baca
  9. Konsep asesmen survey lingkungan - 📖 Baca
  10. Konsep asesmen survey karakter - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa didik)
  1. Konsep dasar pengukuran dan asesmen  - 📖 Baca
  2. Tujuan evaluasi pembelajaran   - 📖 Baca
  3. Prinsip-prinsip asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka  - 📖 Baca
  4. Jenis-jenis asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka  - 📖 Baca
  5. Penilaian acuan patokan (criterion reference ) dan penilaian acuan normatif (norm reference )  - 📖 Baca
  6. Analisis butir soal  - 📖 Baca
  7. Pengolahan hasil tes  - 📖 Baca
  8. Pengolahan penilaian unjuk kerja  - 📖 Baca
  9. Pengertian AKM, tujuan AKM, komponen AKM, laporan hasil AKM dan pemanfaatan hasil AKM  - 📖 Baca
  10. Standar kualifikasi guru  - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional bidang Akidah Akhlak)
  1. Kompetensi guru dalam pembelajaran  - 📖 Baca
  2. Prinsip-prinsip pengembangan keprofesian berkelanjutan guru  - 📖 Baca
  3. Model pengembangan profesionalisme guru  - 📖 Baca
  4. Nilai moderasi beragama guru profesional  - 📖 Baca
  5. Karakter moderasi beragama  - 📖 Baca
  6. Model strategi peningkatan profesionalitas guru  - 📖 Baca
  7. Kompetensi guru dalam pembelajaran  - 📖 Baca
  8. Refleksi diri dalam kurikulum merdeka  - 📖 Baca
  9. Etos kerja dan profesionalisme guru  - 📖 Baca
  10. Kode etik guru Indonesia  - 📖 Baca

Tips Mengerjakan Soal:

  • Pahami kisi-kisi soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024.
  • Pelajari materi SKI dengan seksama.
  • Lakukan latihan soal secara rutin.
  • Pahami instruksi soal dengan baik.
  • Jawablah soal dengan teliti dan sistematis.
Semoga penjelasan ini bermanfaat!

1 komentar

  1. Di CPBS 2 kok nggak bisa dibuka?
Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.