Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Akidah Akhlak dirancang untuk menguji pemahaman dan pengetahuan calon guru madrasah dalam beberapa aspek:1. Aqidah:
- Memahami rukun iman dan rukun Islam
- Mampu menjelaskan konsep tauhid dan sifat-sifat Allah
- Memahami makna iman kepada malaikat, kitab suci, nabi dan rasul, hari akhir, dan qada dan qadar
- Mampu menganalisis berbagai aliran pemikiran dalam Islam
- Memahami konsep akhlak mulia dan tercela
- Mampu menjelaskan dan mempraktikkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami nilai-nilai moral dalam Islam dan penerapannya dalam kehidupan
- Mampu menganalisis berbagai permasalahan moral yang terjadi di masyarakat
📁CONTOH SOAL USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Menguasai pola pikir dan struktur keilmuan serta materi ajar Akidah Akhlak)
- Konsep akidah Islam, seperti konsep iman kepada Allah - 📖 Baca
- Dalil iman kepada Allah - 📖 Baca
- Konsep iman kepada malaikat - 📖 Baca
- Dalil iman kepada malaikat - 📖 Baca
- Konsep iman kepada hari akhir - 📖 Baca
- Hikmah iman kepada hari akhir - 📖 Baca
- Konsep iman kepada kitab Allah - 📖 Baca
- Hikmah iman kepada kitab Allah - 📖 Baca
- Dalil iman kepada Rasul Allah - 📖 Baca
- Hikmah iman kepada Rasul Allah - 📖 Baca
- Konsep iman kepada qada’ dan qadar Allah - 📖 Baca
- Hikmah iman kepada qada’ dan qada - 📖 Baca
- Perbuatan manusia terkait dengan qada’ dan qadar Allah - 📖 Baca
- Pembagian akhlak - 📖 Baca
- Ragam akhlak terpuji terkait diri sendiri - 📖 Baca
- Adab kepada orang tua - 📖 Baca
- Kontekstualisasi materi akhlak dan perilaku mahmudah dengan moderasi beragama - 📖 Baca
- Konsep akhlak tercela dalam Islam - 📖 Baca
- Hikmah dilarangnya akhlak tercela - 📖 Baca
- Konsep tentang syirik dalam ajaran Islam - 📖 Baca
- Dampak perbuatan syirik kepada Allah - 📖 Baca
- Contoh perbuatan syirik - 📖 Baca
- Konsep sifat Allah dalam al-Asmâ’ alHusnâ yaitu al-‘Azîz, al- Gaffâr, alBâsit, an-Nâfi’, ar-Ra’ûf, al-Barr, alFattâh, al-‘Adl, dan al-Qayyûm - 📖 Baca
- Konsep sifat Allah dalam al-Asmâ’ alHusnâ yaitu ar-Razzâq, al-Malik, alHâsib, al-Hâdî, al-Khâliq dan al-Hakîm - 📖 Baca
- Kisah Nabi Sulaiman a.s. dalam AlQur'an - 📖 Baca
- Umat Nabi Sulaiman a.s. - 📖 Baca
- Hikmah dari kisah Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya - 📖 Baca
- Keteladanan kisah Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya - 📖 Baca
- Kisah Ashabul Kahfi dalam Al-Qur'an - 📖 Baca
- Keteladanan kisah Ashabul Kahfi - 📖 Baca
- Kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. dalam Al-Qur'an - 📖 Baca
- Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. dalam Al-Qur'an - 📖 Baca
- Hikmah dari kisah Nabi Yunus a.s. - 📖 Baca
- Keteladanan Abu Bakar Shidiq - 📖 Baca
- Keteladanan Umar bin Khattab - 📖 Baca
- Keteladanan Utsman bin Affan - 📖 Baca
- Keteladanan Ali bin Abi Thalib - 📖 Baca
- Konsep iman (akidah-tauhid), Islam (syari’ah), dan ihsan (akhlak) dalam tinjauan akidah Islam - 📖 Baca
- Kontektualisasi materi akidah Islam dengan nilai moderasi beragama - 📖 Baca
- Konsep tauhid dalam ajaran Islam - 📖 Baca
- Metode penemuan kebenaran dalam ilmu kalam, tasawuf, dan filsafat - 📖 Baca
- Sejarah munculnya ilmu kalam dalam Islam - 📖 Baca
- Konsep dan pandangan aliran - 📖 Baca
- Jabariyah dan Qadariyah terhadap perbuatan manusia - 📖 Baca
- Konsep tasawuf dalam ajaran Islam - 📖 Baca
- Struktur maqamat dalam kajian tasawuf - 📖 Baca
- Konsep maqamat dan ahwal - 📖 Baca
- Contoh maqamat dan ahwal - 📖 Baca
- Konsep dan pandangan aliran tasawuf akhlaqi - 📖 Baca
- Konsep dan pandangan aliran tasawuf falsafi - 📖 Baca
CPBS 3 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi )
- Analisis KI, KD berdasarkan kurikulum 2013 dan K13 yang revisi - 📖 Baca
- Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 yang revisi yang bermuatan 4C - 📖 Baca
- Teori perkembangan intelektual peserta didik - 📖 Baca
- Teori perkembangan moral peserta didik - 📖 Baca
- Teori perkembangan emosional peserta didik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar behavioristik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar kognitif - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar konstruktivistik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar humanistik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar sosial - 📖 Baca
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan materi ajar, pedagogik, dan teknologi informasi dan komunikasi )
- Penyusunan IPK yang berorientasi abad 21 - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pembelajaran untuk mencapai profil pelajar pancasila - 📖 Baca
- Definisi generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Karakteristik generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Strategi pembelajaran generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Karakteristik guru di abad 21 - 📖 Baca
- Karakteristik perkembangan peserta didik berdasarkan perkembangan fisik - 📖 Baca
- Karakteristik kurikulum 2013 - 📖 Baca
- Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Langkah-langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013 - 📖 Baca
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, bermakna dan transformatif dengan menerapkan ragam model, pendekatan dan metode pembelajaran dengan ditopang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (teknologi digital) dan dengan sumber belajar yang didukung hasil penelitian)
- Prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Tahapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
- Keterkaitan antara pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Menata kelas pembelajaran aktif dan dinamis - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
- Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi, sosial, dan spiritual peserta didik - 📖 Baca
- Konsep asesmen survey lingkungan - 📖 Baca
- Konsep asesmen survey karakter - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa didik)
- Konsep dasar pengukuran dan asesmen - 📖 Baca
- Tujuan evaluasi pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Jenis-jenis asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Penilaian acuan patokan (criterion reference ) dan penilaian acuan normatif (norm reference ) - 📖 Baca
- Analisis butir soal - 📖 Baca
- Pengolahan hasil tes - 📖 Baca
- Pengolahan penilaian unjuk kerja - 📖 Baca
- Pengertian AKM, tujuan AKM, komponen AKM, laporan hasil AKM dan pemanfaatan hasil AKM - 📖 Baca
- Standar kualifikasi guru - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional bidang Akidah Akhlak)
- Kompetensi guru dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pengembangan keprofesian berkelanjutan guru - 📖 Baca
- Model pengembangan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Nilai moderasi beragama guru profesional - 📖 Baca
- Karakter moderasi beragama - 📖 Baca
- Model strategi peningkatan profesionalitas guru - 📖 Baca
- Kompetensi guru dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Refleksi diri dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Etos kerja dan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Kode etik guru Indonesia - 📖 Baca
Kesimpulan:
- Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Akidah Akhlak membantu calon guru madrasah dalam memahami materi dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian USKA PPG.
Catatan:
Soal USKA PPG bersifat kontekstual dan berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills).
Jawaban soal harus sistematis, logis, dan berdasarkan sumber yang terpercaya.
Semoga penjelasan ini bermanfaat!
Jawaban soal harus sistematis, logis, dan berdasarkan sumber yang terpercaya.
Semoga penjelasan ini bermanfaat!