Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Bahasa Arab
Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) PPG Daljab Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Bahasa Arab dirancang untuk menguji pengetahuan dan keterampilan calon guru madrasah dalam bidang tersebut. Berikut ringkasannya:
Tipe Soal:
- Pilihan Ganda: Meliputi materi Nahwu, Shorof, Balaghah, dan Qawa'id Fiqhiyyah.
- Essay: Meliputi materi Tarjamah, Tafsir, Hadits, dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.
📁CONTOH SOAL USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
PART 1 (13 Topik Bahasan)
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Menguasai pola pikir dan struktur keilmuan serta materi ajar Bahasa Arab yang berkategori advance materials)
- Konsep ilmu sharaf dan urgensinya
- Klasifikasi kata
- Klasifikasi kata isim dan kata fi'il
- Mizan sharfi dan bina al-kalimat
- Konsep ilmu nahwu
- Jumlah ismiyah
- Konsep tentang fa'il
- Manshubatul asma khususnya maf'ulun bihi
- Konsep tentang idhafah
- Konsep tentang na'at dan man'ut
- Konsep tentang naib fa'il
- Kaana wa akhwatuha
- Mansubatul asma
- Almaf'ulu li Ajlih
- Al-Maf'ul Al-Muthlaq
- Al-Maf'ul fih
- Al-Maf'ul ma'ah
- Al-Munada
- Al-Hal
- Ilmu bayan
- Tasybih
- Majaz
- Isti'arah
- Kinayah
- Ilmu ma'ani
- Khabar
- Macam-macam khabar
- Tujuan penyampaian khabar
- Makna-makna amar
- Teori interaksionisme
- Prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar
- Bahan ajar komunikatif dalam pembelajaran
- Jenis-jenis strategi pembelajaran
- Penggunaan dan pemanfaatan media dalam pembelajaran
- Pengertian bahasa Arab madrasah lughah dan ilmu lughah
CPBS 3 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi )
- Analisis KI, KD berdasarkan kurikulum 2013 dan K13 yang revisi - 📖 Baca
- Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 yang revisi yang bermuatan 4C - 📖 Baca
- Teori perkembangan intelektual peserta didik - 📖 Baca
- Teori perkembangan moral peserta didik - 📖 Baca
- Teori perkembangan emosional peserta didik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar behavioristik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar kognitif - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar konstruktivistik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar humanistik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar sosial - 📖 Baca
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan materi ajar, pedagogik, dan teknologi informasi dan komunikasi )
- Penyusunan IPK yang berorientasi abad 21 - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pembelajaran untuk mencapai profil pelajar pancasila - 📖 Baca
- Definisi generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Karakteristik generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Strategi pembelajaran generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Karakteristik guru di abad 21 - 📖 Baca
- Karakteristik perkembangan peserta didik berdasarkan perkembangan fisik - 📖 Baca
- Karakteristik kurikulum 2013 - 📖 Baca
- Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Langkah-langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013 - 📖 Baca
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, bermakna dan transformatif dengan menerapkan ragam model, pendekatan dan metode pembelajaran dengan ditopang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (teknologi digital) dan dengan sumber belajar yang didukung hasil penelitian)
- Prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Tahapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
- Keterkaitan antara pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Menata kelas pembelajaran aktif dan dinamis - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
- Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi, sosial, dan spiritual peserta didik - 📖 Baca
- Konsep asesmen survey lingkungan - 📖 Baca
- Konsep asesmen survey karakter - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa didik)
- Konsep dasar pengukuran dan asesmen - 📖 Baca
- Tujuan evaluasi pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Jenis-jenis asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Penilaian acuan patokan (criterion reference ) dan penilaian acuan normatif (norm reference ) - 📖 Baca
- Analisis butir soal - 📖 Baca
- Pengolahan hasil tes - 📖 Baca
- Pengolahan penilaian unjuk kerja - 📖 Baca
- Pengertian AKM, tujuan AKM, komponen AKM, laporan hasil AKM dan pemanfaatan hasil AKM - 📖 Baca
- Standar kualifikasi guru - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional bidang Akidah Akhlak)
- Kompetensi guru dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pengembangan keprofesian berkelanjutan guru - 📖 Baca
- Model pengembangan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Nilai moderasi beragama guru profesional - 📖 Baca
- Karakter moderasi beragama - 📖 Baca
- Model strategi peningkatan profesionalitas guru - 📖 Baca
- Kompetensi guru dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Refleksi diri dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Etos kerja dan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Kode etik guru Indonesia - 📖 Baca
Catatan:
- Contoh soal di atas hanya gambaran umum, soal yang diujikan pada USKA PPG Daljab Kemenag 2024 bisa berbeda.
- Pastikan selalu merujuk pada informasi resmi dari Kemenag.
Semoga informasi ini bermanfaat!