Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Geografi
Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) PPG Daljab Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Geografi dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman calon guru madrasah dalam bidang geografi. Soal-soal USKA Geografi 2024 akan meliputi berbagai aspek geografi, antara lain:
1. Geografi Fisik
- Geomorfologi: Meliputi pemahaman tentang bentuk-bentuk muka bumi, proses geomorfologi, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.
- Klimatologi: Meliputi pemahaman tentang unsur-unsur iklim, klasifikasi iklim, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.
- Hidrologi: Meliputi pemahaman tentang air, siklus hidrologi, dan pengelolaan sumber daya air.
- Biogeografi: Meliputi pemahaman tentang persebaran flora dan fauna, bioma, dan ekologi.
2. Geografi Manusia
- Kependudukan: Meliputi pemahaman tentang persebaran penduduk, pertumbuhan penduduk, dan migrasi penduduk.
- Ekonomi: Meliputi pemahaman tentang kegiatan ekonomi, sumber daya alam, dan perdagangan internasional.
- Sosial budaya: Meliputi pemahaman tentang keragaman budaya, agama, dan bahasa.
- Politik: Meliputi pemahaman tentang sistem politik, batas wilayah, dan organisasi internasional.
3. Kartografi dan Penginderaan Jauh
- Meliputi pemahaman tentang peta, jenis peta, dan cara membaca peta.
- Meliputi pemahaman tentang penginderaan jauh, citra satelit, dan interpretasi citra.
📁CONTOH SOAL USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didiK)
- Indikator pengetahuan geografi untuk kompetensi dasar peta, PJ dan SIG - 📖 Baca
- Indikator berpikir analisis materi litosfer - 📖 Baca
- Indikator berpikir kreatif untuk materi hidrosfer - 📖 Baca
- Indikator pemecahan masalah untuk materi atmosfer - 📖 Baca
- Indikator berpikir analisis untuk materi biosfer - 📖 Baca
- Indikator berpikir analisis untuk materi wilayah dan perwilayahan - 📖 Baca
- Indikator berpikir analisis untuk materi sumberdaya manusia/kependudukan - 📖 Baca
- Indikator berpikir analisis pada materi kerjasama negara maju dan berkembang - 📖 Baca
- Indikator berpikir analisis untuk materi sumber daya alam - 📖 Baca
- Indikator berpikir kritis untuk materi lingkungan dan keberlanjutan - 📖 Baca
CPBS 3 (Mampu menerapkan teori dan aplikasi materi bidang studi geografi dalam kehidupan sehari-hari)
- Hakikat Geografi - 📖 Baca
- Prinsip Geografi - 📖 Baca
- Pendekatan Geografi - 📖 Baca
- Dinamika atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia - 📖 Baca
- Dinamika litosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia - 📖 Baca
- Dinamika hidrosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia - 📖 Baca
- Dinamika pedosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia - 📖 Baca
- Dinamika biosfer (flora dan fauna) serta penyebarannya - 📖 Baca
- Sumberdaya lahan di Indonesia - 📖 Baca
- Sumberdaya air di Indonesia - 📖 Baca
- Sumberdaya tambang di Indonesia - 📖 Baca
- Sumberdaya hutan di Indonesia - 📖 Baca
- Sumberdaya energi di Indonesia - 📖 Baca
- Komposisi Penduduk Indonesia - 📖 Baca
- Kondisi Sosial Penduduk Indonesia - 📖 Baca
- Sumberdaya pesisir dan kelautan di Indonesia - 📖 Baca
- Konsep wilayah dan pewilayahan - 📖 Baca
- Teori lokasi - 📖 Baca
- Negara maju dan berkembang - 📖 Baca
- Interaksi desa dan kota - 📖 Baca
- Pengelolaan sumberdaya - 📖 Baca
- Masalah-masalah lingkungan - 📖 Baca
- Pembangunan berkelanjutan - 📖 Baca
- Prinsip Dasar Pemetaan - 📖 Baca
- Penginderaan Jauh - 📖 Baca
- Sistem Informasi Geografis - 📖 Baca
- Aplikasi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis - 📖 Baca
- Jenis-jenis Bencana - 📖 Baca
- Pengurangan Risiko Bencana - 📖 Baca
- Kapasitas masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana - 📖 Baca
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran Geografi)
- Komponen RPP yang dilandasi pendekatan TPACK - 📖 Baca
- Cara menentukan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar geografi - 📖 Baca
- Cara menentukan tujuan pembelajaran sesuai dengan indikator KD - 📖 Baca
- Model-model pembelajaran dalaM kerangka TPACK - 📖 Baca
- Materi pembelajaran dalam kerangka TPACK - 📖 Baca
- Media pembelajaran dalam kerangka TPACK - 📖 Baca
- Sumber-sumber belajar dalam kerangka TPACK - 📖 Baca
- Model-model pembelajaran yang relevan TPACK dan keterampilan abad XXI - 📖 Baca
- Ragam penilaian sesuai dengan keterampilan geografi - 📖 Baca
- Ragam penilaian untuk ketercapaian indikator KD geografi - 📖 Baca
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran Geografi yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi)
- Membuka pembelajaran yang memotivas - 📖 Baca
- Kegiatan inti pembelajaran dalam RPP - 📖 Baca
- Menutup pembelajaran yang reflektif - 📖 Baca
- Pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik - 📖 Baca
- Komponen-komponen RPP - 📖 Baca
- Aktivitas belajar dalam pembukaan yang memotivasi - 📖 Baca
- Indikator ketercapaian dan tujuan pembelajaran untuk keterampilan geografi - 📖 Baca
- Indikator ketercapaian dan tujuan pembelajaran - 📖 Baca
- Media pembelajaran dan pemilihannya - 📖 Baca
- Sumber belajar yang mencerdaskan peserta didik - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran)
- Evaluasi hasil belajar dan proses pembelajaran dan cara pemanfaatannya - 📖 Baca
- Cara penulisan soal pilihan ganda yang baik dan benar - 📖 Baca
- Pengukuran validitas soal dan apikasinya - 📖 Baca
- Pengukuran reliabilitas soal dan aplikasinya - 📖 Baca
- Teknik pengukuran tingkat kesukaran soal yang baik - 📖 Baca
- Mengukur dan menilai kualitas soal keterampilan geografi - 📖 Baca
- Mengukur dan menilai kualitas soal sikap untuk geografi - 📖 Baca
- Penilaian pengetahuan geografi dan sikap geografi - 📖 Baca
- Penilaian otentik dan non otentik untuk geografi - 📖 Baca
- Pemanfaatan penilaian hasik belajar geografi untuk permbaikan pembelajaran dan hasil belajar - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru Geografi profesional )
- Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian eksperimen, Penelitian Pengembangan: Karakteristik dan perbedaan esensialnya - 📖 Baca
- Permasalahan penelitian tindakan kelas, Penelitian eksperiaman, pengembangan dan perbedaannya - 📖 Baca
- Tindakan-tindakan dalam PTK untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan abad XXI - 📖 Baca
- Hasil-hasil penelitian yang potensial untuk tindakan penelitian tindakan kelas - 📖 Baca
- Metode dan teknik analisis data untuk Penelitian tindakan Kelas - 📖 Baca
- Metode-metode pengambilan kesimpulan dalam PTK sebagai hasil tindakan - 📖 Baca
- Hasil-hasil penelitian dan pengaruhnya terhadap pengembangan aktualisasi diri - 📖 Baca
- Hasil-hasil temuan penelitian untuk perbaikan dan pengembangan aktualisasi diri - 📖 Baca
- Inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran untuk pengembangan diri - 📖 Baca
- Inovasi-inovasi hasil penelitian untuk pengembangan diri - 📖 Baca
Semoga informasi ini bermanfaat!