Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Contoh Soal Guru Kelas RA USKA PPG Daljab Kemenag 2024 ( Kunci Jawaban dan Pembahasannya)

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Guru Kelas RA

Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) PPG Daljab Kemenag 2024 merupakan tes yang wajib diikuti oleh guru madrasah dalam jabatan untuk mendapatkan sertifikat guru profesional. Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam USKA PPG Daljab Kemenag 2024 adalah Guru Kelas RA.

Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 untuk Guru Kelas RA terdiri dari beberapa bagian, antara lain:
  1. Pedagogik:Meliputi pemahaman tentang teori belajar, pembelajaran, dan pengembangan anak usia dini.
  2. Profesional:Meliputi pemahaman tentang kurikulum RA, bahan ajar, dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
  3. Literasi dan Numerasi:Meliputi pemahaman tentang konsep dasar literasi dan numerasi serta kemampuannya dalam mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi anak usia dini.
  4. Al-Qur'an dan Hadist:Meliputi pemahaman tentang kandungan Al-Qur'an dan Hadist serta kemampuannya dalam mengajarkan Al-Qur'an dan Hadist kepada anak usia dini.
  5. Keguruan:Meliputi pemahaman tentang kode etik guru, tugas dan tanggung jawab guru, serta kemampuannya dalam mengelola pembelajaran di kelas.

📁CONTOH SOAL  USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁

LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
  1. Sikap nasionalisme - 📖 Baca
  2. Sikap patriotisme - 📖 Baca
  3. Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
  4. Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
  5. Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
  6. Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
  7. Sikap berwibawa - 📖 Baca
  8. Sikap tegas - 📖 Baca
  9. Sikap disiplin - 📖 Baca
  10. Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
  11. Sikap samapta - 📖 Baca
  12. Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
  13. Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Menguasai pola pikir dan struktur keilmuan serta materi ajar Akidah Akhlak)
  1. Pengertian dan karakteristik pendidikan anak usia dini  - 📖 Baca
  2. Teori neurosains dalam PAUD   - 📖 Baca
  3. Pengertian pertumbuhan dan perkembangan PAUD  - 📖 Baca
  4. Pengertian perkembangan PAUD  - 📖 Baca
  5. Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan  - 📖 Baca
  6. Pengertian pendidikan PAUD holistik integratif  - 📖 Baca
  7. Prinsip PAUD holistik integratif   - 📖 Baca
  8. Arah kebijakan PAUD holistik integratif  - 📖 Baca
  9. Cara/metode menangani anak berkebutuhan khusus  - 📖 Baca
  10. Prinsip pembelajaran di kelas inklusif Konsep umum capaian pembelajaran fase fondasi dan elemen nilai agama, budi pekerti dalam proses pembelajaran  - 📖 Baca
  11. Implementasi capaian pembelajaran fase fondasi dan elemen nilai agama, budi pekerti dalam proses pembelajaran  - 📖 Baca
  12. Penilaian elemen nilai agama dan budi pekerti  - 📖 Baca
  13. Konsep umum capaian pembelajaran dari elemen jati diri  - 📖 Baca
  14. Implementasi capaian pembelajaran dari elemen jati diri dalam proses pembelajaran  - 📖 Baca
  15. Penilaian elemen jati diri   - 📖 Baca
  16. Konsep umum capaian pembelajaran dari elemen dasar-dasar literasi matematika, sains, teknologi, rekayasa dan seni  - 📖 Baca
  17. Implementasi capaian pembelajaran dari elemen dasar-dasar literasi matematika, sains, teknologi, rekayasa dan seni dalam proses pembelajaran  - 📖 Baca
  18. Penilaian elemen dasar-dasar literasi matematika, sains, teknologi, rekayasa dan seni  - 📖 Baca
  19. Konsep umum capaian pembelajaran dari elemen projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ālamīn  - 📖 Baca
  20. Implementasi capaian pembelajaran dari elemen Penilaian elemen projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ālamīn  - 📖 Baca
  21. Jenis-jenis penerapan model dalam pembelajaran anak usia dini: model area  - 📖 Baca
  22. Jenis-jenis penerapan model dalam pembelajaran anak usia dini: model sudut  - 📖 Baca
  23. Model pembelajaran sesuai karakteristik satuan  - 📖 Baca
  24. Konsep dan ciri pembelajaran tematik  - 📖 Baca
  25. Pengelolaan pembelajaran tematik  - 📖 Baca
  26. Strategi dan pendekatan pembelajaran tematik  - 📖 Baca
  27. Konsep pembelajaran RA dengan desain STEAM  - 📖 Baca
  28. Prinsip-prinsip pembelajaran RA dengan desain STEAM  - 📖 Baca
  29. Pengertian dan karakteristik loose parts  - 📖 Baca
  30. Karakteristik dan jenis-jenis loose parts  - 📖 Baca
  31. Pembelajaran STEAM di RA dengan model project-based learning dengan loose part  - 📖 Baca
  32. Teori-teori permainan  - 📖 Baca
  33. Tahapan bermain anak  - 📖 Baca
  34. Syarat penggunaan APE  - 📖 Baca
  35. Pemilihan media pembelajaran  - 📖 Baca
  36. Pengembangan media pembelajaran  - 📖 Baca
  37. Evaluasi media pembelajaran  - 📖 Baca
  38. Menciptakan kreativitas dengan TIK  - 📖 Baca
  39. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan  - 📖 Baca
  40. Pendekatan holistik dan integratif  - 📖 Baca
  41. Rancangan pembelajaran holistik integratif  - 📖 Baca
CPBS 3 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi )
  1. Analisis KI, KD berdasarkan kurikulum 2013 dan K13 yang revisi  - 📖 Baca
  2. Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 yang revisi yang bermuatan 4C  - 📖 Baca
  3. Teori perkembangan intelektual peserta didik  - 📖 Baca
  4. Teori perkembangan moral peserta didik  - 📖 Baca
  5. Teori perkembangan emosional peserta didik  - 📖 Baca
  6. Konsep dasar tentang teori belajar behavioristik  - 📖 Baca
  7. Konsep dasar tentang teori belajar kognitif  - 📖 Baca
  8. Konsep dasar tentang teori belajar konstruktivistik  - 📖 Baca
  9. Konsep dasar tentang teori belajar humanistik  - 📖 Baca
  10. Konsep dasar tentang teori belajar sosial  - 📖 Baca
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan materi ajar, pedagogik, dan teknologi informasi dan komunikasi )
  1. Penyusunan IPK yang berorientasi abad 21  - 📖 Baca
  2. Prinsip-prinsip pembelajaran untuk mencapai profil pelajar pancasila  - 📖 Baca
  3. Definisi generasi Z dan generasi Alpha   - 📖 Baca
  4. Karakteristik generasi Z dan generasi Alpha  - 📖 Baca
  5. Strategi pembelajaran generasi Z dan generasi Alpha  - 📖 Baca
  6. Karakteristik guru di abad 21  - 📖 Baca
  7. Karakteristik perkembangan peserta didik berdasarkan perkembangan fisik  - 📖 Baca
  8. Karakteristik kurikulum 2013  - 📖 Baca
  9. Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka  - 📖 Baca
  10. Langkah-langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013  - 📖 Baca
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, bermakna dan transformatif dengan menerapkan ragam model, pendekatan dan metode pembelajaran dengan ditopang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (teknologi digital) dan dengan sumber belajar yang didukung hasil penelitian)
  1. Prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
  2. Tahapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik - 📖 Baca
  3. Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
  4. Keterkaitan antara pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka - 📖 Baca
  5. Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan kurikulum merdeka - 📖 Baca
  6. Menata kelas pembelajaran aktif dan dinamis - 📖 Baca
  7. Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
  8. Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi, sosial, dan spiritual peserta didik - 📖 Baca
  9. Konsep asesmen survey lingkungan - 📖 Baca
  10. Konsep asesmen survey karakter - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa didik)
  1. Konsep dasar pengukuran dan asesmen  - 📖 Baca
  2. Tujuan evaluasi pembelajaran   - 📖 Baca
  3. Prinsip-prinsip asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka  - 📖 Baca
  4. Jenis-jenis asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka  - 📖 Baca
  5. Penilaian acuan patokan (criterion reference ) dan penilaian acuan normatif (norm reference )  - 📖 Baca
  6. Analisis butir soal  - 📖 Baca
  7. Pengolahan hasil tes  - 📖 Baca
  8. Pengolahan penilaian unjuk kerja  - 📖 Baca
  9. Pengertian AKM, tujuan AKM, komponen AKM, laporan hasil AKM dan pemanfaatan hasil AKM  - 📖 Baca
  10. Standar kualifikasi guru  - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional bidang Akidah Akhlak)
  1. Kompetensi guru dalam pembelajaran  - 📖 Baca
  2. Prinsip-prinsip pengembangan keprofesian berkelanjutan guru  - 📖 Baca
  3. Model pengembangan profesionalisme guru  - 📖 Baca
  4. Nilai moderasi beragama guru profesional  - 📖 Baca
  5. Karakter moderasi beragama  - 📖 Baca
  6. Model strategi peningkatan profesionalitas guru  - 📖 Baca
  7. Kompetensi guru dalam pembelajaran  - 📖 Baca
  8. Refleksi diri dalam kurikulum merdeka  - 📖 Baca
  9. Etos kerja dan profesionalisme guru  - 📖 Baca
  10. Kode etik guru Indonesia  - 📖 Baca
Informasi di atas adalah gambaran singkat tentang Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Guru Kelas RA. Untuk informasi lebih lengkap, silakan merujuk pada sumber informasi resmi dari Kementerian Agama.

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.