Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Contoh Soal Al-Qur'an Hadits USKA PPG Daljab Kemenag 2024 ( Kunci Jawaban dan Pembahasannya)

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits

Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) PPG Dalam Jabatan Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Al-Qur'an Hadits bertujuan untuk mengukur penguasaan calon guru PAI dalam bidang tersebut. Soal USKA dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman calon guru dalam beberapa aspek, antara lain:
1. Ilmu Al-Qur'an:Tajwid: 
  • Memahami dan mempraktikkan tajwid dengan benar, termasuk hukum bacaan, mad, dan lain sebagainya.
  • Tafsir: Memahami makna ayat-ayat Al-Qur'an secara kontekstual dan komprehensif.
  • Ulumul Qur'an: Memahami ilmu-ilmu tentang Al-Qur'an, seperti sejarah turunnya wahyu, asbabun nuzul, dan klasifikasi ayat.
2. Ilmu Hadits:Ilmu Musthalah Hadits: 
  • Memahami terminologi dan metodologi ilmu hadits.
  • Periwayatan Hadits: Memahami matan dan sanad hadits, serta klasifikasi hadits berdasarkan derajatnya.
  • Ulumul Hadits: Memahami ilmu-ilmu tentang hadits, seperti biografi para perawi, ilmu jarh wa ta'dil, dan naskah hadits.
3. Pedagogik Al-Qur'an Hadits:
  • Strategi Pembelajaran: Mampu memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan Al-Qur'an Hadits kepada siswa.
  • Penilaian dan Evaluasi: Mampu mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi pembelajaran Al-Qur'an Hadits.
  • Pengembangan Media Pembelajaran: Mampu mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Al-Qur'an Hadits.

📁CONTOH SOAL  USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁

LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
  1. Sikap nasionalisme - 📖 Baca
  2. Sikap patriotisme - 📖 Baca
  3. Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
  4. Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
  5. Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
  6. Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
  7. Sikap berwibawa - 📖 Baca
  8. Sikap tegas - 📖 Baca
  9. Sikap disiplin - 📖 Baca
  10. Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
  11. Sikap samapta - 📖 Baca
  12. Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
  13. Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu menguasai dan menggunakan pola pikir dan struktur keilmuan serta materi ajar Quran Hadis)
  1. Kegunaan asbab al-Nuzul - 📖 Baca
  2. Karakteristik Makkiyah dan Madaniyah - 📖 Baca
  3. Fungsi studi Makkiyah dan Madaniyah dalam penafsiran - 📖 Baca
  4. Tujuan qashash dalam Al-Qur'an Hikmah pengulangan qashash dalam Al-Qur'an - 📖 Baca
  5. Unsur-unsur dalam struktur Hadis yaitu sanad, matan dan mukharrij / perawi - 📖 Baca
  6. Hadis, sunah, khabar dan atsar - 📖 Baca
  7. Ilmu Hadis Riwayah dan ilmu Hadis Dirayah - 📖 Baca
  8. Periodesasi pertumbuhan, penghimpunan, periwayatan dan kodifikasi Hadis periode setelah Nabi Muhammad saw. - 📖 Baca
  9. Pembagian Hadis berdasarkan perspektif kuantitas perawi Hadis - 📖 Baca
  10. Persyaratan Hadis shahih , hasan dan dha'if - 📖 Baca
  11. Kedudukan Hadis dalam syariat Islam - 📖 Baca
  12. Fungsi Hadis dalam syari'at Islam - 📖 Baca
  13. Tujuan takhrij Hadis - 📖 Baca
  14. Metode dalam takhrij Hadis - 📖 Baca
  15. Syarat-syarat perawi dalam pelaksanaan tahammul wal ada’ - 📖 Baca
  16. Sighat tahammul wal ada’ dalam kajian Hadis - 📖 Baca
  17. Sebab-sebab seorang perawi dikenakan jarh wa ta’dil dalam takhrij Hadis - 📖 Baca
  18. Tingkatan-tingkatan al-jarh wa ta’dil - 📖 Baca
  19. Langkah-langkah metode takhrij Hadis secara manual manual dan digital - 📖 Baca
  20. Kontekstualisasi moderasi beragama dalam tahammul wal ada’ hadis - 📖 Baca
  21. Langkah-langkah kontekstualisasi moderasi beragama dalam qashas AlQur'an - 📖 Baca
  22. Sejarah dan latar belakang munculnya metode tafsir tematik dalam penafsiran Al-Qur'an - 📖 Baca
  23. Kelebihan dan kekurangan metode tafsir tematik dalam penafsiran AlQur'an - 📖 Baca
  24. Konsep tasamuh dalam perspektif AlQur’an dan Hadis - 📖 Baca
  25. Konsep tawazun dalam perspektif AlQur’an dan Hadis - 📖 Baca
  26. Definisi tafsir kontekstual dalam penafsiran Al-Qur'an menurut kajian lmu tafsir - 📖 Baca
  27. Komponen dasar dalam tafsir kontekstual berdasarkan kajian ilmu tafsir - 📖 Baca
  28. Pendekatan tafsir kontemporer dalam penafsiran Al-Qur'an - 📖 Baca
  29. Sejarah munculnya tafsir kontemporer dalam kajian tafsir AlQur'an - 📖 Baca
  30. Faktor-faktor penyebab timbulnya pendekatan hermeneutika dalam kajian Al-Qur'an - 📖 Baca
  31. Konsep dasar dan kerangka kerja pendekatan hermeneutika dalam kajian Al-Qur'an menurut perspektif Farid Esack - 📖 Baca
  32. Pendekatan historis dalam kajian AlQur'an - 📖 Baca
  33. Hakikat pendekatan sosiologis dalam kajian Al-Qur'an - 📖 Baca
  34. Pendekatan Fazlur Rahman tentang proses turunnya ayat-ayat Al-Qur'an dalam studi Al-Qur'an - 📖 Baca
  35. Perkembangan makna dalam pendekatan semantik dalam kajian Al-Qur'an - 📖 Baca
  36. Pendekatan semantik dalam kajian Al-Qur'an menurut perspektif Toshihiko Izutsu - 📖 Baca
  37. Konsep dasar pendekatan semiotika dalam kajian Al-Qur'an - 📖 Baca
  38. Pendekatan semiotik dalam kajian AlQur'an menurut perspektif Mohammed Arkoun - 📖 Baca
  39. Konsep pendidikan karakter dalam perspektif Al-Qur'an - 📖 Baca
  40. Konsep pendidikan karakter dalam perspektif Hadis - 📖 Baca
  41. Konsep wawasan kebangsaan dalam perspektif Al-Qur'an - 📖 Baca
  42. Menjabarkan dalil-dalil naqli wawasan kebangsaan - 📖 Baca
  43. Konsep wawasan kebangsaan dalam prespektif Hadis - 📖 Baca
  44. Nilai-nilai dalam pendidikan karakter berdasarkan perspektif Islam - 📖 Baca
  45. Nilai-nilai dalam pendidikan karakter perspektif Al-Qur'an - 📖 Baca
  46. Nilai-nilai dalam pendidikan karakter perspektif Hadis - 📖 Baca
  47. Konsep metode ibrah dalam internalisasi nilai pada pendidikan karakter - 📖 Baca
  48. Metode keteladanan dalam internalisasi nilai pada pendidikan karakter - 📖 Baca
  49. Metode nasehat dalam internalisasi nilai pada pendidikan karakter - 📖 Baca
CPBS 3 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi )
  1. Analisis KI, KD berdasarkan kurikulum 2013 dan K13 yang revisi  - 📖 Baca
  2. Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 yang revisi yang bermuatan 4C  - 📖 Baca
  3. Teori perkembangan intelektual peserta didik  - 📖 Baca
  4. Teori perkembangan moral peserta didik  - 📖 Baca
  5. Teori perkembangan emosional peserta didik  - 📖 Baca
  6. Konsep dasar tentang teori belajar behavioristik  - 📖 Baca
  7. Konsep dasar tentang teori belajar kognitif  - 📖 Baca
  8. Konsep dasar tentang teori belajar konstruktivistik  - 📖 Baca
  9. Konsep dasar tentang teori belajar humanistik  - 📖 Baca
  10. Konsep dasar tentang teori belajar sosial  - 📖 Baca
                  CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan materi ajar, pedagogik, dan teknologi 
                  informasi dan komunikasi )
                  1. Penyusunan IPK yang berorientasi abad 21  - 📖 Baca
                  2. Prinsip-prinsip pembelajaran untuk mencapai profil pelajar pancasila  - 📖 Baca
                  3. Definisi generasi Z dan generasi Alpha   - 📖 Baca
                  4. Karakteristik generasi Z dan generasi Alpha  - 📖 Baca
                  5. Strategi pembelajaran generasi Z dan generasi Alpha  - 📖 Baca
                  6. Karakteristik guru di abad 21  - 📖 Baca
                  7. Karakteristik perkembangan peserta didik berdasarkan perkembangan fisik  - 📖 Baca
                  8. Karakteristik kurikulum 2013  - 📖 Baca
                  9. Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka  - 📖 Baca
                  10. Langkah-langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013  - 📖 Baca
                                  CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, bermakna dan transformatif dengan menerapkan ragam model, pendekatan dan metode pembelajaran dengan ditopang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (teknologi digital) dan dengan sumber belajar yang didukung hasil penelitian)
                                  1. Prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
                                  2. Tahapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik - 📖 Baca
                                  3. Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
                                  4. Keterkaitan antara pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka - 📖 Baca
                                  5. Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan kurikulum merdeka - 📖 Baca
                                  6. Menata kelas pembelajaran aktif dan dinamis - 📖 Baca
                                  7. Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
                                  8. Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi, sosial, dan spiritual peserta didik - 📖 Baca
                                  9. Konsep asesmen survey lingkungan - 📖 Baca
                                  10. Konsep asesmen survey karakter - 📖 Baca
                                                CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa didik)
                                                1. Konsep dasar pengukuran dan asesmen  - 📖 Baca
                                                2. Tujuan evaluasi pembelajaran   - 📖 Baca
                                                3. Prinsip-prinsip asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka  - 📖 Baca
                                                4. Jenis-jenis asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka  - 📖 Baca
                                                5. Penilaian acuan patokan (criterion reference ) dan penilaian acuan normatif (norm reference )  - 📖 Baca
                                                6. Analisis butir soal  - 📖 Baca
                                                7. Pengolahan hasil tes  - 📖 Baca
                                                8. Pengolahan penilaian unjuk kerja  - 📖 Baca
                                                9. Pengertian AKM, tujuan AKM, komponen AKM, laporan hasil AKM dan pemanfaatan hasil AKM  - 📖 Baca
                                                10. Standar kualifikasi guru  - 📖 Baca
                                                                  CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional bidang Akidah Akhlak)
                                                                  1. Kompetensi guru dalam pembelajaran  - 📖 Baca
                                                                  2. Prinsip-prinsip pengembangan keprofesian berkelanjutan guru  - 📖 Baca
                                                                  3. Model pengembangan profesionalisme guru  - 📖 Baca
                                                                  4. Nilai moderasi beragama guru profesional  - 📖 Baca
                                                                  5. Karakter moderasi beragama  - 📖 Baca
                                                                  6. Model strategi peningkatan profesionalitas guru  - 📖 Baca
                                                                  7. Kompetensi guru dalam pembelajaran  - 📖 Baca
                                                                  8. Refleksi diri dalam kurikulum merdeka  - 📖 Baca
                                                                  9. Etos kerja dan profesionalisme guru  - 📖 Baca
                                                                  10. Kode etik guru Indonesia  - 📖 Baca

                                                                  Tips Persiapan USKA PPG Daljab Kemenag 2024:

                                                                  • Pahami kisi-kisi USKA dengan seksama.
                                                                  • Pelajari materi Al-Qur'an dan Hadits secara mendalam.
                                                                  • Latihan soal-soal USKA tahun sebelumnya.
                                                                  • Ikuti bimbingan belajar atau pelatihan USKA.
                                                                  • Berdoa dan berusaha dengan maksimal.
                                                                  Semoga informasi ini bermanfaat!

                                                                  Posting Komentar

                                                                  Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
                                                                  Oops!
                                                                  It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
                                                                  AdBlock Detected!
                                                                  We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
                                                                  The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.