Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits
Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) PPG Dalam Jabatan Kemenag 2024 untuk mata pelajaran Al-Qur'an Hadits bertujuan untuk mengukur penguasaan calon guru PAI dalam bidang tersebut. Soal USKA dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman calon guru dalam beberapa aspek, antara lain:
1. Ilmu Al-Qur'an:Tajwid:
- Memahami dan mempraktikkan tajwid dengan benar, termasuk hukum bacaan, mad, dan lain sebagainya.
- Tafsir: Memahami makna ayat-ayat Al-Qur'an secara kontekstual dan komprehensif.
- Ulumul Qur'an: Memahami ilmu-ilmu tentang Al-Qur'an, seperti sejarah turunnya wahyu, asbabun nuzul, dan klasifikasi ayat.
2. Ilmu Hadits:Ilmu Musthalah Hadits:
- Memahami terminologi dan metodologi ilmu hadits.
- Periwayatan Hadits: Memahami matan dan sanad hadits, serta klasifikasi hadits berdasarkan derajatnya.
- Ulumul Hadits: Memahami ilmu-ilmu tentang hadits, seperti biografi para perawi, ilmu jarh wa ta'dil, dan naskah hadits.
3. Pedagogik Al-Qur'an Hadits:
- Strategi Pembelajaran: Mampu memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan Al-Qur'an Hadits kepada siswa.
- Penilaian dan Evaluasi: Mampu mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi pembelajaran Al-Qur'an Hadits.
- Pengembangan Media Pembelajaran: Mampu mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Al-Qur'an Hadits.
📁CONTOH SOAL USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Mampu menguasai dan menggunakan pola pikir dan struktur keilmuan serta materi ajar Quran Hadis)
- Kegunaan asbab al-Nuzul - 📖 Baca
- Karakteristik Makkiyah dan Madaniyah - 📖 Baca
- Fungsi studi Makkiyah dan Madaniyah dalam penafsiran - 📖 Baca
- Tujuan qashash dalam Al-Qur'an Hikmah pengulangan qashash dalam Al-Qur'an - 📖 Baca
- Unsur-unsur dalam struktur Hadis yaitu sanad, matan dan mukharrij / perawi - 📖 Baca
- Hadis, sunah, khabar dan atsar - 📖 Baca
- Ilmu Hadis Riwayah dan ilmu Hadis Dirayah - 📖 Baca
- Periodesasi pertumbuhan, penghimpunan, periwayatan dan kodifikasi Hadis periode setelah Nabi Muhammad saw. - 📖 Baca
- Pembagian Hadis berdasarkan perspektif kuantitas perawi Hadis - 📖 Baca
- Persyaratan Hadis shahih , hasan dan dha'if - 📖 Baca
- Kedudukan Hadis dalam syariat Islam - 📖 Baca
- Fungsi Hadis dalam syari'at Islam - 📖 Baca
- Tujuan takhrij Hadis - 📖 Baca
- Metode dalam takhrij Hadis - 📖 Baca
- Syarat-syarat perawi dalam pelaksanaan tahammul wal ada’ - 📖 Baca
- Sighat tahammul wal ada’ dalam kajian Hadis - 📖 Baca
- Sebab-sebab seorang perawi dikenakan jarh wa ta’dil dalam takhrij Hadis - 📖 Baca
- Tingkatan-tingkatan al-jarh wa ta’dil - 📖 Baca
- Langkah-langkah metode takhrij Hadis secara manual manual dan digital - 📖 Baca
- Kontekstualisasi moderasi beragama dalam tahammul wal ada’ hadis - 📖 Baca
- Langkah-langkah kontekstualisasi moderasi beragama dalam qashas AlQur'an - 📖 Baca
- Sejarah dan latar belakang munculnya metode tafsir tematik dalam penafsiran Al-Qur'an - 📖 Baca
- Kelebihan dan kekurangan metode tafsir tematik dalam penafsiran AlQur'an - 📖 Baca
- Konsep tasamuh dalam perspektif AlQur’an dan Hadis - 📖 Baca
- Konsep tawazun dalam perspektif AlQur’an dan Hadis - 📖 Baca
- Definisi tafsir kontekstual dalam penafsiran Al-Qur'an menurut kajian lmu tafsir - 📖 Baca
- Komponen dasar dalam tafsir kontekstual berdasarkan kajian ilmu tafsir - 📖 Baca
- Pendekatan tafsir kontemporer dalam penafsiran Al-Qur'an - 📖 Baca
- Sejarah munculnya tafsir kontemporer dalam kajian tafsir AlQur'an - 📖 Baca
- Faktor-faktor penyebab timbulnya pendekatan hermeneutika dalam kajian Al-Qur'an - 📖 Baca
- Konsep dasar dan kerangka kerja pendekatan hermeneutika dalam kajian Al-Qur'an menurut perspektif Farid Esack - 📖 Baca
- Pendekatan historis dalam kajian AlQur'an - 📖 Baca
- Hakikat pendekatan sosiologis dalam kajian Al-Qur'an - 📖 Baca
- Pendekatan Fazlur Rahman tentang proses turunnya ayat-ayat Al-Qur'an dalam studi Al-Qur'an - 📖 Baca
- Perkembangan makna dalam pendekatan semantik dalam kajian Al-Qur'an - 📖 Baca
- Pendekatan semantik dalam kajian Al-Qur'an menurut perspektif Toshihiko Izutsu - 📖 Baca
- Konsep dasar pendekatan semiotika dalam kajian Al-Qur'an - 📖 Baca
- Pendekatan semiotik dalam kajian AlQur'an menurut perspektif Mohammed Arkoun - 📖 Baca
- Konsep pendidikan karakter dalam perspektif Al-Qur'an - 📖 Baca
- Konsep pendidikan karakter dalam perspektif Hadis - 📖 Baca
- Konsep wawasan kebangsaan dalam perspektif Al-Qur'an - 📖 Baca
- Menjabarkan dalil-dalil naqli wawasan kebangsaan - 📖 Baca
- Konsep wawasan kebangsaan dalam prespektif Hadis - 📖 Baca
- Nilai-nilai dalam pendidikan karakter berdasarkan perspektif Islam - 📖 Baca
- Nilai-nilai dalam pendidikan karakter perspektif Al-Qur'an - 📖 Baca
- Nilai-nilai dalam pendidikan karakter perspektif Hadis - 📖 Baca
- Konsep metode ibrah dalam internalisasi nilai pada pendidikan karakter - 📖 Baca
- Metode keteladanan dalam internalisasi nilai pada pendidikan karakter - 📖 Baca
- Metode nasehat dalam internalisasi nilai pada pendidikan karakter - 📖 Baca
CPBS 3 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi )
- Analisis KI, KD berdasarkan kurikulum 2013 dan K13 yang revisi - 📖 Baca
- Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 yang revisi yang bermuatan 4C - 📖 Baca
- Teori perkembangan intelektual peserta didik - 📖 Baca
- Teori perkembangan moral peserta didik - 📖 Baca
- Teori perkembangan emosional peserta didik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar behavioristik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar kognitif - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar konstruktivistik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar humanistik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar sosial - 📖 Baca
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan materi ajar, pedagogik, dan teknologi
informasi dan komunikasi )
informasi dan komunikasi )
- Penyusunan IPK yang berorientasi abad 21 - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pembelajaran untuk mencapai profil pelajar pancasila - 📖 Baca
- Definisi generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Karakteristik generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Strategi pembelajaran generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Karakteristik guru di abad 21 - 📖 Baca
- Karakteristik perkembangan peserta didik berdasarkan perkembangan fisik - 📖 Baca
- Karakteristik kurikulum 2013 - 📖 Baca
- Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Langkah-langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013 - 📖 Baca
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, bermakna dan transformatif dengan menerapkan ragam model, pendekatan dan metode pembelajaran dengan ditopang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (teknologi digital) dan dengan sumber belajar yang didukung hasil penelitian)
- Prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Tahapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
- Keterkaitan antara pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Menata kelas pembelajaran aktif dan dinamis - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
- Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi, sosial, dan spiritual peserta didik - 📖 Baca
- Konsep asesmen survey lingkungan - 📖 Baca
- Konsep asesmen survey karakter - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa didik)
- Konsep dasar pengukuran dan asesmen - 📖 Baca
- Tujuan evaluasi pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Jenis-jenis asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Penilaian acuan patokan (criterion reference ) dan penilaian acuan normatif (norm reference ) - 📖 Baca
- Analisis butir soal - 📖 Baca
- Pengolahan hasil tes - 📖 Baca
- Pengolahan penilaian unjuk kerja - 📖 Baca
- Pengertian AKM, tujuan AKM, komponen AKM, laporan hasil AKM dan pemanfaatan hasil AKM - 📖 Baca
- Standar kualifikasi guru - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional bidang Akidah Akhlak)
- Kompetensi guru dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pengembangan keprofesian berkelanjutan guru - 📖 Baca
- Model pengembangan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Nilai moderasi beragama guru profesional - 📖 Baca
- Karakter moderasi beragama - 📖 Baca
- Model strategi peningkatan profesionalitas guru - 📖 Baca
- Kompetensi guru dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Refleksi diri dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Etos kerja dan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Kode etik guru Indonesia - 📖 Baca
Tips Persiapan USKA PPG Daljab Kemenag 2024:
- Pahami kisi-kisi USKA dengan seksama.
- Pelajari materi Al-Qur'an dan Hadits secara mendalam.
- Latihan soal-soal USKA tahun sebelumnya.
- Ikuti bimbingan belajar atau pelatihan USKA.
- Berdoa dan berusaha dengan maksimal.
Semoga informasi ini bermanfaat!