Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Mata Pelajaran Guru Kelas MI
Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) PPG Dalam Jabatan Kemenag 2024 merupakan tes yang wajib diikuti oleh guru madrasah ibtidaiyah (MI) yang ingin mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). USKA PPG Daljab Kemenag 2024 terdiri dari dua bidang tes, yaitu:
1. Pedagogik
Meliputi pemahaman tentang konsep pedagogik, pembelajaran, dan pendidikan di madrasah.
2. Bidang Studi
Meliputi pemahaman tentang materi pelajaran yang diajarkan di MI, seperti Pendidikan Agama Islam (PAI), Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
📁CONTOH SOAL GURU KELAS MADRASAH IBTIDAIYYAH (MI) USKA PPG DALJAB KEMENAG 2024📁
LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA
CPBS 1 (Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona)
- Sikap nasionalisme - 📖 Baca
- Sikap patriotisme - 📖 Baca
- Sikap menghargai perbedaan - 📖 Baca
- Sikap mengutamakan kepentingan bersama - 📖 Baca
- Sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia - 📖 Baca
- Mengapresiasi kekayaan budaya bangsa lain sehingga memperkuat jati diri bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Sikap berwibawa - 📖 Baca
- Sikap tegas - 📖 Baca
- Sikap disiplin - 📖 Baca
- Sikap penuh panggilan jiwa - 📖 Baca
- Sikap samapta - 📖 Baca
- Sikap kesepenuhhatian - 📖 Baca
- Sikap kemurahhatian - 📖 Baca
CPBS 2 (Menguasai pola pikir dan struktur keilmuan serta materi ajar guru kelasSD/MI (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS))
- Konsep tentang bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Konsep pemerolehan bahasa anak - 📖 Baca
- Konsep tentang fonologi, fonemik dan fonetik dalam bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Konsep morfologi, morfem dan kata dalam bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Konsep sintaksis, frase, klausa dan kalimat dalam bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Konsep semantik, pertalian dan perubahan makna dalam bahasa Indonesia - 📖 Baca
- Pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI - 📖 Baca
- Pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI di kelas rendah - 📖 Baca
- Perkembangan sastra anak Strategi pembelajaran sastra anak - 📖 Baca
- Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar(FPB) - 📖 Baca
- Operasi Himpunan - 📖 Baca
- Persamaan linier satu peubah dan dua peubah - 📖 Baca
- Bangun datar - 📖 Baca
- Bangun ruang (dimensi) - 📖 Baca
- Kongruensi dan kesebangunan - 📖 Baca
- Mean data tunggal dan data kelompok - 📖 Baca
- Median data tunggal dan data kelompok - 📖 Baca
- Modus data tunggal dan data kelompok - 📖 Baca
- Tabel Konjungsi, disjungsi dan mplikasi - 📖 Baca
- Perubahan materi dan campuran Perubahan energi - 📖 Baca
- Jenis tuas dan katrol - 📖 Baca
- Gelombang dan bunyi - 📖 Baca
- Sifat-sifat cahaya - 📖 Baca
- Magnet - 📖 Baca
- Perkembangbiakan hewan - 📖 Baca
- Perkembangbiakan tumbuhan - 📖 Baca
- Pernafasan dan pencernaan - 📖 Baca
- Lingkungan sekitar - 📖 Baca
- Konsep pembelajaran IPS SD/MI - 📖 Baca
- Ruang lingkup kajian pembelajaran IPS SD/MI - 📖 Baca
- Kompetensi dasar dan aspek - 📖 Baca
- keterampilan dalam pembelajaran IPS MI berdasarkan kurikulum - 📖 Baca
- Keterkaitan kajian ilmu-ilmu sosial dan IPS - 📖 Baca
- Kedudukan IPS dalam ilmu-ilmu sosial - 📖 Baca
- Fakta dalam pembelajaran IPS SD/MI - 📖 Baca
- Generalisasi dalam pembelajaran IPS SD/MI - 📖 Baca
- Konsep dasar peta - 📖 Baca
- Konsep tentang sejarah dalam pembelajaran IPS SD/MI - 📖 Baca
- Nilai kegunaan sejarah dalam pembelajaran IPS SD/MI - 📖 Baca
- Hakekat PPKn MI - 📖 Baca
- Paradigma baru PPKn untuk MI - 📖 Baca
- Konsep pembelajaran PPKn MI - 📖 Baca
- Karakteristik pembelajaran PPKn - 📖 Baca
- Konsep Pancasila sebagai dasar negara, sistem filsafat, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia - 📖 Baca
- Hubungan nilai-nilai sila Pancasila dengan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia - 📖 Baca
- Konsep integrasi nasional - 📖 Baca
- Dinamika dan tantangan integrasi nasional di Indonesia - 📖 Baca
- Norma hukum dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia - 📖 Baca
- Bentuk-bentuk hak dan kewajiban warga negara - 📖 Baca
CPBS 3 (Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi )
- Analisis KI, KD berdasarkan kurikulum 2013 dan K13 yang revisi - 📖 Baca
- Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 yang revisi yang bermuatan 4C - 📖 Baca
- Teori perkembangan intelektual peserta didik - 📖 Baca
- Teori perkembangan moral peserta didik - 📖 Baca
- Teori perkembangan emosional peserta didik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar behavioristik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar kognitif - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar konstruktivistik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar humanistik - 📖 Baca
- Konsep dasar tentang teori belajar sosial - 📖 Baca
CPBS 4 (Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan materi ajar, pedagogik, dan teknologi informasi dan komunikasi)
- Penyusunan IPK yang berorientasi abad 21 - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pembelajaran untuk mencapai profil pelajar pancasila - 📖 Baca
- Definisi generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Karakteristik generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Strategi pembelajaran generasi Z dan generasi Alpha - 📖 Baca
- Karakteristik guru di abad 21 - 📖 Baca
- Karakteristik perkembangan peserta didik berdasarkan perkembangan fisik - 📖 Baca
- Karakteristik kurikulum 2013 - 📖 Baca
- Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Langkah-langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013 - 📖 Baca
CPBS 5 (Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, bermakna dan transformatif )
- Prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Tahapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
- Keterkaitan antara pembelajaran dan asesmen pada kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Menata kelas pembelajaran aktif dan dinamis - 📖 Baca
- Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan - 📖 Baca
- Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi, sosial, dan spiritual peserta didik - 📖 Baca
- Konsep asesmen survey lingkungan - 📖 Baca
- Konsep asesmen survey karakter - 📖 Baca
CPBS 6 (Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa didik)
- Konsep dasar pengukuran dan asesmen - 📖 Baca
- Tujuan evaluasi pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Jenis-jenis asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Penilaian acuan patokan (criterion reference ) dan penilaian acuan normatif (norm reference ) - 📖 Baca
- Analisis butir soal - 📖 Baca
- Pengolahan hasil tes - 📖 Baca
- Pengertian AKM, tujuan AKM, komponen AKM, laporan hasil AKM, dan pemanfaatan hasil AKM - 📖 Baca
- Standar kualifikasi guru - 📖 Baca
CPBS 7 (Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional bidang guru kelas SD/MI)
- Kompetensi guru dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Prinsip-prinsip pengembangan keprofesian berkelanjutan guru - 📖 Baca
- Model pengembangan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Nilai moderasi beragama guru profesional - 📖 Baca
- Karakter moderasi beragama - 📖 Baca
- Model strategi peningkatan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Kompetensi guru dalam pembelajaran - 📖 Baca
- Refleksi diri dalam kurikulum merdeka - 📖 Baca
- Etos kerja dan profesionalisme guru - 📖 Baca
- Kode etik guru Indonesia - 📖 Baca
Catatan:
- Contoh soal yang diberikan di atas hanya sebagai gambaran umum.
- Soal yang diujikan pada USKA PPG Daljab Kemenag 2024 mungkin berbeda dengan contoh soal di atas.
Semoga informasi ini bermanfaat!